Panwaslu Padang Awasi Debat Kandidat Cawako

id Panwaslu Padang Awasi Debat Kandidat Cawako

Padang, (Antara Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), memantau debat kandidat pasangan calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Padang.

"Debat kandidat digelar KPU malam ini akan diawasi dan serta di pantau Panitia Pengawasan Kecamatan (Panwascam)," kata Ketua Panwaslu Kota Padang, Nurlina K di Padang, Jumat.

Menurut dia, Panwaslu akan mengamati jalanannya pelaksanaan debat kandidat tersebut yang digelar KPU di salah satu hotel itu.

Debat kandidat calon kepala daerah digelar KPU tersebut merupakan tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). "Dijadwalkan seluruh pasangan calon akan bertarung dalam Pilkada akan menghadiri debat kandidat tersebut," katanya.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui, oleh pasangan calon kepala daerah pada Pilkada.

"Selain kampanye pasangan calon, juga mengikuti penyampaian visi dan misi serta debat kandidat," jelas Nurlina K.

Sementara itu Kepala Polresta (Kapolresta) Padang, AKBP Wisnu Andayana menyatan, personel polisi Polresta Padang ikut terlibat mengamankan gedung tempat pelaksanaan debat calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan hal yang tak diinginkan saat debat kandidat, pihaknya menurunkan personel polisi," katanya.

Ia menambahkan, para personel bersiaga dengan senjata lengkap menjaga sekitar hotel. Pengamanan dilakukan dengan sistem terbuka dan tertutup.

"Pengamanan pun menurunkan kendaraan perintis dan barakuda yang berada di luar gedung," katanya.(*der)