Panwaslu Padang Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

id Panwaslu Padang Ajak Masyarakat Awasi Pilkada

Padang, (Antara Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak masyarakat ikut mengawasi pelaksanaan Pemilihan Kapala Daerah (Pilkada) Kota Padang 2013.

"Kami mengajak masyarakat berani melaporkan pelanggaran yang mungkin terjadi pada pelaksanaan Pilkada Padang," kata Ketua Panwaslu Kota Padang, Nurlina, di Padang, Rabu.

Menurut dia, masyarakat dapat melaporkan pelanggaran itu pada petugas Panwaslu yang sudah ditempatkan di tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Panwaslu akan menindaklanjuti setiap laporan pelanggaran yang masuk," tambahnya.

Kesadaran dan peran serta masyarakat dalam mengawasi kampanye calon legislatif (Caleg) akan memperkecil tindak pelanggaran aturan yang dilanggar maupun tindak kecurangan.

"Pengawasan dari masyarakat, diperlukan untuk menjamin penyelenggaraan Pilkada Kota Padang tahun 2013 agar berjalan lancar dan berkualitas," katanya.

Ia mengatakan, Panwaslu selain mengawasi pasangan calon kepala daerah berkampanye, juga membidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ikut-ikutan mendukung calon Wali Kota.

"PNS dalam struktural tidak menyalahgunakan jabatannya selama masa kampanye. Sebab PNS harus netral dan independen selama masa kampanye dan tahapan Pilkada berlangsung," katanya.

Menurut dia, pasangan calon kepala daerah agar mentaati aturan yang telah ada, tempat-tempat yang dilarang untuk berkampanye agar dapat menjadi pedoman bagi pasangan calon kepal daerah.

Pasangan calon kepala daerah dilarang melakukan kampanye di rumah ibadah, sekolah serta instansi pemerintahan," tambahnya.

Kesuksesan Pemilu bukan dilihat dari banyaknya pelanggaran. Akan tetapi dukungan tiga pilar yaitu kesadaran masyarakat, ketertiban penyelenggara dalam hal ini Panwaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta bidang hukum yaitu polisi dan jaksa serta sarana dan prasarana yang memadai.

"Apa yang dilihat, didengar masyarakat maka tanpa diminta harus dilaporkan untuk memilih pemimpin yang berkualitas," katanya. (*dy)