Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Sumatera Barat meraih penghargaan dan menjadi salah satu dari tiga Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) terbaik di Sumatera Barat tahun 2024.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Pemkab Solok Eva Nasri di Solok Sabtu mengatakan, Pemkab Solok berhasil meraih penghargaan dan menjadi salah satu dari tiga TPAKD terbaik di Sumatera Barat tahun 2024 bersama dengan dua Kabupaten lainnya.

Penghargaan tersebut diumumkan oleh OJK Provinsi Sumatera Barat pada acara puncak bulan inklusi keuangan tahun 2024 yang bertempat di Padang, Sabtu.

Eva Nasri menyebutkan bahwa penghargaan tersebut diterima oleh pemerintah Kabupaten Solok setelah berhasil memenuhi beberapa aspek penilaian yang dilakukan oleh OJK Provinsi Sumatera Barat.

Penilaian tersebut di antaranya mengenai kesesuaian rencana dan realisasi program kerja TPAKD dari tahun 2021-2025, penyampaian ringkasan eksekutif TPAKD, penyesuaian isi ringkasan eksekutif dengan rencana dan realisasi program kerja TPAKD yang di sampaikan melalui SITPAKD.

Selanjutnya ketepatan waktu penyampaian laporan rencana kerja dan laporan realisasi pada SITPAKD. Serta jumlah kegiatan literasi keuangan yang telah dilakukan dan Jumlah inklusi keuangan yang telah dilakukan.

"Selain itu, juga adanya sinergi TPAKD kabupaten/kota dengan pemangku kepentingan lainnya dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan," katanya.

Kepala OJK Sumatera Barat melalui Deputi Direktur Pengawasan LJK2 Adi Surahman menyampaikan apresiasi terhadap TPAKD kabupaten/kota yang telah membantu dan berkontribusi terhadap peningkatan akses keuangan di Sumatera Barat.

"Yang mana hal ini berpengaruh besar terhadap perputaran perekonomian masyarakat di wilayah Sumatera Barat," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Biro Perekonomian Kuartini Deti Putri, Kepala Perwakilan BI Sumbar, Direksi Bank Nagari, Kepala OJK Sumatera Barat diwakili Deputi Direktur Pengawasan LJK2 Adi Surahman.

Selanjutnya, Pjs Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Eva Nasri, Kepala Daerah di Sumatera Barat, Ketua DPD Perbarindo Sumbar dan Bengkulu; Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Sumbar; Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia; Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia Sumbar; dan Pimpinan Industri Jasa Keuangan dan Asosiasi Jasa Keuangan di Sumatera Barat.

Pewarta : Rahmatul Laila
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024