Lubukbasung (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyalurkan zakat sebesar Rp1,02 miliar bagi 466 mustahik atau orang berhak mendapatkan bantuan itu tersebar di 16 kecamatan. 

Ketua Baznas Agam Isman Imran di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan zakat itu disalurkan untuk empat program Baznas Agam. 

"Penyaluran zakat kita lakukan untuk Agam wilayah barat dan Agam wilayah timur," katanya. 

Ia mengatakan penyaluran zakat untuk Agam wilayah barat dilakukan di Bappenda Agam dengan dana Rp326,73 juta untuk 160 mustahik tersebar di Kecamatan Lubuk Basung, Matur, Ampek Nagari, Palembayan, Tanjung Mutiara dan Tanjung Raya. 

Sedangkan penyaluran untuk Agam wilayah timur sebesar Rp698,1 juta untuk 306 mustahik tersebar di Kecamatan Palupuh, Malalak, Ampek Koto, Ampek Angkek, Canduang, Baso, Sungai Pua, Banuhampu, Tilatang Kamang dan Kamang Magek. 

"Penyaluran zakat untuk Agam wilayah timur kita bagi di Kantor Camat Ampek Angkek, Kamis (19/9) dan Mess Pemda Belakang Balok, Bukittinggi, Jumat (20/9)," katanya. 

Ia menambahkan zakat Rp1,02 miliar itu disalurkan untuk program Agam peduli sebesar Rp64 juta untuk 13 mustahik, Agam sehat Rp63,48 juta untuk 36 mustahik. 

Setelah itu Agam cerdas Rp401,6 juta untuk 240 mustahik dan Agam makmur Rp495,75 juta untuk 177 mustahik. 

Penyaluran zakat ini dalam rangka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di Agam, khususnya dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan keagamaan. 

"Kami berharap dengan adanya pendistribusian zakat ini, masyarakat yang kurang mampu dapat terbantu dan merasakan manfaat dari zakat yang telah disalurkan," katanya. 

Ia menambahkan Baznas Agam juga memastikan bahwa proses pendistribusian zakat dilakukan secara transparan dan tepat sasaran, dengan melibatkan berbagai pihak terkait, baik dari pemerintahan maupun masyarakat setempat.
 

Pewarta : Yusrizal
Editor : Siri Antoni
Copyright © ANTARA 2024