Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah X bersama Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) menggelar konferensi The enam tahun International Conference on Human Sustainability (INSAN 2020) secara daring yang dilaksanakan pekan lalu.


Kepala LL DIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Rabu, mengatakan kegiatan itu merupakan implementasi dari salah satu poin pada nota kesepahaman antara LL DIKTI Wilayah X dengan UTHM yang ditandatangani pada 25 September 2019.


Pada kesempatan itu, Herri juga terpilih sebagai salah satu pembicara utama pada kegiatan tersebut.


Kemudian, ia menyampaikan materi dengan tema Response of Private Higher Education Institutions to the COVID-19 Pandemic.


Dalam paparannya, Herri membahas tentang kegiatan mitigasi yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkungan LL DIKTI Wilayah X sebagai antisipasi dari dampak  pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran.


Di samping itu, Deputi Wakil Rektor bidang Akademik dan Internasional UTHM Prof Ismail bin Abd Rahman mengatakan konferensi internasional ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membahas tantangan yang dihadapi dunia dalam menjamin kelestarian kehidupan manusia dan mewujudkan masyarakat yang cerdas.


Lebih lanjut, Ismail menyampaikan bahwa pada Konferensi INSAN yang keenam ini akan ditampilkan 114 makalah ilmiah dalam bidang leadership, integrity, community, social develepment, Islamic, dan phylosphy.


"Kemudian selanjutnya, civilization, education, language, communication, science, technology, engineering, dan mathematics," ujar dia.


Ia juga mengatakan paparan makalah ilmiah tersebut ditampilkan oleh akademisi dari beberapa universitas di Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Brunei Darusssalam.


"Konferensi ini berjalan dengan sukses dan pelaksanaannya ditutup pada pukul 5 (lima) sore waktu Malaysia setelah seluruh pemateri menampilkan makalahnya pada lima sesi paralel," kata dia.


 

Pewarta : Laila Syafarud (Rilis)
Editor : Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2024