Padang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat  menyiapkan  delapan tim guna melaksanakan Safari Ramadhan 1439 Hijriah ke beberapa masjid dan musala.

         "Sama seperti tahun sebelumnya, satu tim safari terdiri atas jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang terdiri atas pejabat daerah, kepolisian, TNI dan tokoh masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel di Padang, Senin.

          Delapan tim ini kata dia akan mengunjungi beberapa masjid dan musala bahkan rumah warga saat waktu sahur, subuh dan tarwih.

          Dalam hal delapan tim akan mengunjungi masjid dan musala yang berbeda dan akan melaksanakan shalat berjamaah atau tadarus bersama masyarakat.

         Usai itu dilaksanakan diskusi bersama warga untuk menyerap aspirasi dan mendengarkan laporan terkait pelaksanaan kegiatan selama Ramadhan.

         Diupayakan sebelas kecamatan dapat dikunjungi oleh tim selama sebulan tersebut.

         Di samping itu kunjungan tim safari Ramadhan pemkot juga untuk mengawasi pelaksanaan Pesantren Ramadhan 21 Mei hingga 2 Juni 2018.

        Serta juga memantau suasana dan tradisi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa.

         "Selain ikut dalam tim safari, Forkopimda juga akan memastikan keamanan selama bulan puasa," ujarnya.

        Menurutnya dengan masih adanya masa kampanye pilkada tentu pengawasan harus diperketat guna mengantisipasi tindakan oknum warga yang melakukan pelanggaran.

        Di samping itu adanya isu negatif terkait suasana kondusif, pihaknya bersama kepolisian dan TNI telah menyiapkan strategi untuk mencegahnya.

        Termasuk menertibkan tempat hiburan umum yang dinilai merusak faedah bulan Ramadhan.

         Dia berharap warga ikut membantu dalam menjaga suasana kondusif, aman, tertib dan tenteram selama Ramadhan.

         Dengan begitu masyarakat bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan khusyu. (*)

Pewarta : MR Denya Utama
Editor : Mukhlisun
Copyright © ANTARA 2024