Padang, (Antaranews Sumbar) - Harga cabai merah kembali turun di Pusat Pasar Raya di Kota Padang, Sumatera Barat, dari sehari sebelumnya  Rp56.000 per kilogram dan kini menjadi Rp44.000 per kilogram.

"Turunnya harga cabai merah sebesar Rp12.000 per kilogram itu karena  pasokan yang kembali normal dari Pulau Jawa," kata Isan (31), pedagang di Pasar Raya Kota Padang, Senin.

Disebutkan kebutuhan cabai merah di Kota Padang itu selain dipasok oleh  petani lokal juga didatangkan dari Pulau Jawa, dan Provinsi Sumatera  Utara.

Pedagang juga menyebutkan pembeli khususnya warga Kota Padang lebih  menyukai "lado merah" yang dipasok dari Pulau Jawa karena tidak terlalu pedas.

Selain cabai merah, harga tomat juga mengalami penurunan yakni dari  Rp6.000 sampai Rp8.000 per kilogram kini menjadi Rp4.000 per kilogram. 

"Turunnya harga tomat itu karena pasokan melimpah disebabkan di daerah  sentra produksi yakni di Bukittinggi sedang panen," kata Deni, pedagang  lainnya.

Sementara harga komoditas sayur mayur lainnya di Kota Padang hingga  saat ini masih stabil.

Harga sayur mayur yang masih stabil dan terpantau di pusat perbelanjaan  tradisional di Kota Padang itu seperti wortel Rp6.000 per kilogram dan buncis Rp8.000 per kilogram. 
 

Pewarta : Sabet-Picko
Editor : Azhari
Copyright © ANTARA 2024