Festival Seni Nagari Tabek Panjang Agam angkat budaya lama Minangkabau

id Festival Seni Nagari Tabek Panjang Agam,berita agam,berita sumbar

Festival Seni Nagari Tabek Panjang Agam angkat budaya lama Minangkabau

Tiga orang wanita Minangkabau membawa jinjingan adat di atas kepala dalam Festival Nagari Tabek Panjang Art Show di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Ribuan warga mengikuti Festival Pentas Seni Nagari Tabek Panjang Art Show di Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Rabu (28/8). Kegiatan yang berlangsung meriah di momen Hari Kemerdekaan itu mengangkat kembali tradisi adat budaya lama Minangkabau.

"Ini menjadi festival seni ketiga, seluruh sejarah budaya lama Minangkabau di Tabek Panjang yang tersimpan diekspos semuanya agar terus dikenal abadi hingga generasi selanjutnya," kata Kepala Desa (Wali Nagari) Tabek Panjang, Dony Suhendri.

Pentas seni itu diawali arak-arakan pawai alegoris diisi ribuan warga daerah setempat dari segala unsur masyarakat dan lembaga yang dilepas langsung oleh Bupati Agam.

"Dengan tema Menyala Dalam Budaya Bersama Kita Berkarya, kami mengangkat budaya masing-masing jorong atau dusun. Meskipun adat salingka (seputar) Nagari, namun ada perbedaan di setiap jorong," kata Dony.

Diantara adat istiadat yang ditampilkan adalah Tradisi Mambubua, Maanta Pabukoan, Mancari Ayam Hilang, Mamanggia Anak Daro, Manukeh, Maanta Marapulai dan Maanta Cucu.

Untuk barang kuno yang kembali diperlihatkan antaranya, Talam Panuah

Katidiang Pangidaman, Katidiang Buya, Tingkuluak berusia 200 tahun, Gandang Tigo serta lainnya.

"Jadi begitu banyak tatanan budaya yang ada dari anak lahir, beranjak dewasa, menikah, melahirkan lagi sampai memiliki cucu kelak," kata Dony.

Menurutnya, penyelenggaran seni budaya selama dua hari itu juga menjadi ajang berkumpul warga dalam menjaga silaturahmi pelestarian adat.

"Pelestarian adat ini menjadi tantangan bagi kami agar adat lama itu tetap terpakai tidak dipengaruhi jaman. Bagaimana generasi selanjutnya merasa memilikinya," kata Dony.

Ia mengatakan dalam rangkaian kegiatan pentas seni juga diperlombakan ragam kesenian masyarakat untuk memunculkan potensi dari sanggar seni di daerah.

Sementara itu Bupati Agam, Andri Warman mengapresiasi festival seni yang memunculkan kekayaan seni budaya daerah Minangkabau.

"Kami bersyukur sekali dengan tampilan yang dilombakan, Festival Nagari Tabek Panjang Art Show iyang pasti dengan ini akan muncul potensi seni dan inovasi baru dalam menampilkan budaya Minangkabau ke masyarakat luas," kata Bupati.

Ia mengatakan bangga dengan festival seni yang diselenggarakan agar dapat memberikan edukasi sejarah kepada generasi muda di Sumatera Barat.

"Banyak yang terlupakan oleh anak muda saat ini, kami mendukung kegiatan seni ini agar budaya adat tidak hilang ditelan jaman. Dan bertepatan dengan momen kemerdekaan agar kita bersyukur menghargai perjuangan anak bangsa," pungkas Bupati.