Pemkot Pariaman buka 178 formasi CPNS 2024

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,CPNS 2024 pariaman

Pemkot Pariaman buka 178 formasi CPNS 2024

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Sumbar Yaminurizal. Antara/istimewa

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka 178 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 guna memenuhi kebutuhan pegawai pemerintah dalam mengoptimalkan pelayanan publik di daerah itu.

"Persyaratannya sama secara nasional. Kami rasa seleksi ini lebih terbuka dan transparan. Kami sifatnya di daerah hanya pelaksana," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yaminurizal di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya tidak membatasi pelamar karena ada sistem yang telah dibuat oleh pemerintah pusat serta seleksi yang harus dilewati oleh peserta.

Seleksi tersebut tidak saja admistrasi namun juga kompetensi dasar dan bidang dengan menggunakan sistem komputer atau CAT.

"Selama jurusannya sesuai, formasi tersedia dan tempat yang dituju ada, silakan (mendaftar)," katanya.

Menurutnya formasi CPNS di Pariaman akan banyak diminati sehingga lebih kompetitif karena daerah itu memiliki akses yang baik.

Sejalan dengan itu, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pariaman Fuadi M. mengatakan pendaftaran seleksi tersebut dimulai dari 20 Agustus sampai 6 September 2024.

Ia mengatakan formasi yang terdiri dari 173 untuk tenaga teknis dan 5 untuk tenaga kesehatan tersebut terbuka untuk seluruh warga negera Indonesia dengan jenjang pendidikan dimulai dari SMA sederajat hingga sarjana.

"Formasi yang dibuka didominasi oleh sistem informasi dan kemudian hukum yang tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah di Pariaman," kata dia.

Ia menyampaikan jadwal tahapan pelaksanaan seleksi tersebut mengikuti Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan pelaksanaan ujian untuk seleksi CPNS formasi di Pariaman dilaksanakan di Padang.

"Untuk pelaksanaan ujian langsung 'di-handel' (ditangani) oleh BKN," katanya.

Ia menyampaikan saat ini Pemkot Pariaman belum mengetahui lokasi dilaksanakannya ujian seleksi CPNS untuk formasi di Pariaman karena belum mengetahui jumlah pendaftar.

"Jadi lokasinya masih tentatif," tambahnya.