Pemkab Pasaman Barat sediakan kios pangan murah bagi masyarakat

id pasaman barat,pangan murah

Pemkab Pasaman Barat sediakan kios pangan murah bagi masyarakat

Kantor Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat. ANTARA/Altas Maulana

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyediakan kios pangan murah di Pasar Simpang Empat agar masyarakat mendapatkan bahan pokok sehari-hari dengan harga lebih murah dari pasaran.

"Kita telah mendirikan kios pangan murah di Pasar Simpang Empat. Ini dalam rangka menjaga ketersediaan pangan dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat Ekadiana Oktavia di Simpang Empat, Sumbar, Kamis.

Ia mengatakan bahan pangan yang disediakan adalah beras dengan harga Rp62 ribu per lima kilogram, sedangkan harga di pasaran mencapai Rp65.500 per lima kilogram.

Lalu, cabai dengan harga Rp55 ribu per kilogram dengan harga pasaran mencapai Rp60 ribu per kilogram, bawang merah Rp36 ribu per kilogram, telur Rp49 per tray, gula Rp17. 500 per kilogram, dan minyak goreng dengan harga Rp16 ribu per kilogram.

"Rata-rata harga di kios pangan lebih murah Rp5.000 per kilogram dari harga pasar. Kios pangan ini sebagai bentuk inovasi kita dalam penyediaan pangan dengan harga yang murah dibandingkan harga pasar," katanya.

Ia juga menyebutkan dengan adanya kios pangan ini bisa juga mengendalikan inflasi daerah yang saat ini masih tinggi.

"Kita menyediakan beragam pangan dengan harga yang murah karena kita mengambilnya langsung dari produsen," ujarnya.

Pihaknya berkomitmen menyediakan pangan murah bagi masyarakat. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan kios pangan dengan harga pangan yang murah.

Ia juga mengimbau masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan sehingga bisa membantu kebutuhan rumah tangga.

"Pedagang juga diminta tidak menaikkan harga sesuka hati karena bisa memberatkan masyarakat," katanya.