Pemkot Solok harapkan kerja sama pertukaran pelajar dengan Jepang

id Pemkot Solok, kerja sama, pertukaran pelajar dengan Jepang,Jepang,IPAL,Solok

Pemkot Solok harapkan kerja sama pertukaran pelajar dengan Jepang

Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok Sumatera Barat mengharapkan terjalinnya kerja sama antara kota itu dengan Negara Jepang di bidang pendidikan, sehingga bisa dilakukan program pertukaran pelajar dengan mengirim dan menerima pelajar untuk belajar.

"Di bidang pendidikan, kami berharap bisa dilakukan program pertukaran pelajar dengan mengirim dan menerima pelajar asal Kota Solok untuk belajar di masing-masing negara,” kata Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Jumat.

Sementara itu, di bidang ekonomi Zul Elfian mengharapkan adanya kerja sama untuk pengiriman tenaga kerja terampil dari Kota Solok ke Jepang.

"Selain itu, kerja sama dalam pengembangan UMKM dengan berbagi pengetahuan dan teknologi," katanya.

Wali Kota Solok juga berharap di bidang lingkungan bisa dilakukan kerja sama dalam pengelolaan sampah dan daur ulang dengan menerapkan teknologi Jepang dalam pengelolaan sampah dan program daur ulang.

Terakhir di bidang teknologi, bisa dilakukan kerja sama dalam pengembangan smart city dengan mengadopsi konsep kota pintar melalui penggunaan teknologi Jepang untuk meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan kualitas hidup warga.

"Kami juga ingin mengajak seluruh masyarakat Kota Solok untuk mendukung penuh segala bentuk kerja sama yang telah dan akan dijalin dengan pemerintah Jepang ini," katanya.

Karena itu, ia mengajak masyarakat Kota Solok untuk menjadikan kunjungan Konsul Jenderal Jepang ke Solok sebagai momentum untuk lebih mempererat persahabatan meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Pihaknya percaya dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, dapat tercapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan bersama, dan hubungan baik antara Kota Solok dengan Jepang khususnya Kota Toyohashi akan terus berlanjut dan semakin kuat di masa mendatang.

Wako Solok menyampaikan kerja sama yang telah berhasil dijalin antara Pemkot Solok dengan Kota Toyohashi Jepang berupa peningkatan kualitas air bersih di Kota Beras Serambi Madinah itu.

Setelah penyambutan, Wako beserta Konjen Jepang dan rombongan meninjau langsung IPAL Kalumpang, di Kelurahan VI Suku serta mengunjungi Agrowisata Batu Patah Payo di Kelurahan Tanah Garam.