Pemkab dan Forum TJSLP Tebar 44 ekor hewan kurban

id Bupati Solok Selatan Khairunas

Pemkab dan Forum TJSLP Tebar 44 ekor hewan kurban

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyerahkan meninjau kondisi hewan kurban.

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) menebar 44 ekor sapi dan dua ekor kambing pada Idul Adha 1445 Hijriah 2024 Masehi.

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Senin, mengatakan, pelaksanaan hari raya Qurban tidak hanya tentang penyembelihan hewan semata, lebih dari itu makna yang harus kita petik yaitu meningkatkan keimanan ketaqwaan kepada Allah dan kepedulian terhadap sesama.

"Kita harus menyembelih hawa nafsu, egoisme, ambisi pada kepentingan diri masing-masing untuk kepentingan yang lebih luas terutama kepentingan agama, Bangsa Negara dan daerah yang kita cintai ini," katanya, saat perayaan Hari Raya Idul Adha di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan.

Dari 44 ekor hewan qurban tersebut, sebanyak 13 sapi disebar, sebanyak satu sapi di tiap-tiap kecamatan, Polres dan Kejari Solok Selatan masing-masing dua ekor.

Selain itu juga Pabung Solok Selatan Kodim 0309/Solok dan Dinas perpustakaan arsip masing-masing satu sapi dan selebihnya sebanyak 31 sapi disembelih di Depan Kantor Bupati Solok Selatan.

Usah sholat Idul Adha Khairunas, Wabup Yulian Efi beserta jajarannya dan Forkopimda meninjau langsung sapi qurban.

Shalat Idul Adha di halaman kantor Bupati Solok Selatan bertindak sebagai Khatib Prof Duski Samad, Tuanku Mudo, dari UIN Imam Bonjol Padang/Pengurus Perti Sumatera Barat. Sementara imam sholat dipimpin oleh Dasratu Mulia dari Kemenag Solok Selatan.

Ustadz Duski Samad dalam tausiyahnya turut menyampaikan salah satu hikmah atau pesan Idul Adha, yaitu bagaimana kita membina keluarga kepada Taqwa. Kita harus cemas jika meninggalkan keluarga yang lemah, dan jauh dari Taqwa kepada Allah SWT.

"Membina keluarga merupakan bagian dari jihad dan pengorbanan kita semua. Menjaga keluarga dari bahaya narkoba, pergaulan bebas, dan segala bentuk kemaksiatan lainnya. Keluarga merupakan unit terkecil yang akan menentukan arah kesuksesan bangsa ini nantinya," katanya.

"Apalah arti pembangunan fisik yang kita lakukan, jika penghuninya jauh dari Allah SWT. Maka menjadi tugas kita bersama, baik pemerintah, tokoh masyarakat, ormas, dan keseluruhan masyarakat untuk menjaga keluarga-keluarga kita semua," imbuhnya.

Sholat Idul Adha juga dihadiri Wakil Bupati H Yulian Efi, Sekdakab Dr Syamsurizaldi, dan jajaran pemerintahan, Forkopimda, serta masyarakat sekitar kantor bupati.