Upaya Pelestarian Budaya, ILMIBSI Gelar Parade Kostum Adat Budaya

id ILMIBSI,Padang,UNP

Upaya Pelestarian Budaya, ILMIBSI Gelar Parade Kostum Adat Budaya

Parade pakaian adat. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Budaya dan Sastra se-Indonesia menghelat parade kostum adat daerah di pembukaan Kongres Nasional ILMIBSI ke-XIV sebagai salah satu upaya untuk pelestarian budaya.

Kongres ke-XIV ILMIBSI diselenggarakan tidak hanya sebagai program kerja ILMIBSI, tetapi juga sebagai kontribusi terhadap kajian budaya di Indonesia yaitu dengan menghasilkan rekomendasi strategi kebudayaan.

Perwakilan dari Universitas Negeri Padang, Dedek Wiradi, Kamis mengatakan kongres ini adalah bentuk kepedulian mahasiswa untuk merawat budaya.

“Melalui kongres ini, mahasiswa, khususnya mahasiswa ilmu budaya dan sastra se-Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kepeduliannya terhadap kondisi bangsa dan negara”, tuturnya.

Parade kostum adalah salah satu upaya pelestarian budaya yang dilakukan oleh ILMIBSI, dengan mengenalkan pakaian adat dari masing-masing daerah kampus se Indonesia.

Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang itu membawakan pakaian adat Minangkabau. Ia mengenakan pakaian adat itu dengan tujuan agar adat Minangkabau lebih dikenal lagi di kancah nasional.

Pembukaan kongres nasional ILMIBSI ke-XIV dihadiri oleh peserta dari kampus Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Halu Oleo, UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta.*