PLN UID Sumbar jamin ketersediaan listrik selama Ramadhan

id pln,ramadhan 1445 hijriah,perusahaan listrik negara,pln sumbar,Padang

PLN UID Sumbar jamin ketersediaan listrik selama Ramadhan

General Manager PT PLN (Persero) UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho. ANTARA/Muhammad Zulfikar

Padang, Sumbar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Daerah (UID) Sumatera Barat (Sumbar) menjamin ketersediaan pasokan listrik untuk masyarakat selama Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Untuk Ramadhan 1445 Hijriah, PLN UID Sumbar sudah menyiapkan pasokan tenaga listrik mulai dari pembangkit sampai dengan distribusinya," kata General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Sumbar, Kamis.

Eric menyebutkan saat ini PLN UID Sumbar memiliki 740 megawatt kapasitas listrik terpasang. Sementara, beban puncak yang pernah terjadi yakni 643 megawatt. Artinya, PLN masih memiliki cadangan sekitar 21 persen.

Untuk distribusi saat ini sudah mencapai rasio elektrifikasi sebesar 99,9 persen. Harapannya hal itu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Puasa.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya kebutuhan listrik selama Ramadhan selalu tinggi saat malam hari. Hal itu disebabkan beberapa aktivitas masyarakat seperti shalat Tarawih, tadarus dan lainnya.

Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, PLN menyiagakan 1.300 personel yang tersebar di 19 kabupaten dan kota guna membantu ketika terjadi gangguan kelistrikan. PLN juga memastikan selama Ramadhan tidak ada pemeliharaan yang berimbas pada pemadaman listrik.

Akan tetapi, pihaknya tetap menyiapkan pasukan khusus pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) yang bertugas melakukan pemeliharaan pada kondisi bertegangan.

Secara khusus PLN UID Sumbar tidak menyiapkan genset. Namun, instansi tersebut memiliki 13 unit genset dan empat uninterruptible power supply (UPS) yang sewaktu-waktu dapat dioperasionalkan.

"Sebanyak 13 genset dan empat unit UPS ini kapan saja bisa kita mobilisasi apabila dibutuhkan di tempat yang membutuhkan pasokan listrik lebih banyak," sebut dia.