Wali Kota Solok: Dasawisma berperan penting laksanakan program PKK

id Wako Solok, sebut, peran dasawisma, jadi kekuatan, yang luar biasa

Wali Kota Solok: Dasawisma berperan penting laksanakan program PKK

Foto bersama Wali Kota Solok Zul Elfian Umar (tengah) saat menyambut kehadiran Tim Penilai Lomba Dasawisma TP-PKK tingkat Sumbar (ANTARA/HO-Prokomp Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menyebut Dasawisma memiliki peranan yang penting dalam melaksanakan berbagai kegiatan dan program pemerintah daerah, khususnya Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), di tingkat masyarakat.

"Mereka bertanggung jawab dalam mengorganisir dan mengelola program-program PKK serta mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap dia di Solok, Sumatera Barat, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat menyambut kunjungan lapangan Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar.

"Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan kelompok Dasawisma memiliki banyak peran di tengah-tengah masyarakat," ujar dia.

Dasawisma merupakan lembaga PKK yang terbawah dan berada di PKK RT/RW dalam wilayah kelurahan. Kegiatan kemasyarakatan melalui gerakan PKK telah teruji peran aktifnya di tengah masyarakat.

Selain itu, katanya, melalui Dasawisma sebagai pelaksana di lapangan memberikan harapan besar bagi pemerintah untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat, khususnya kehidupan keluarga.

Demikian pula kelompok Dasawisma sebagai ujung tombak di lapangan yang menunjukkan bahwa gerakan PKK memiliki urgensi dan potensi dalam memberdayakan masyarakat untuk membangun jaringan kerja sama.

Dasawisma juga memiliki cakupan program dan kegiatan yang dapat dijadikan peluang melakukan koordinasi kegiatan bersinergi dengan jajaran OPD dan lembaga pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Dengan dicanangkan program bulanan bakti dasawisma yang dilaksanakan setiap tahun memberi dampak di lingkungan masyarakat terhadap keberhasilan kader PKK/Dasawisma dalam menjalankan tugasnya," ucapnya.

PKK bersama Dasawisma memiliki peran penting dalam membina sikap dan perilaku masyarakat, terutama dalam pembinaan karakter anak sejak usia dini, peningkatan pendidikan dan ekonomi, serta penanganan dalam pelayanan kesehatan.

Ia berharap, jajaran PKK dan kelompok Dasawisma peka terhadap kenyataan atau masalah, serta mengambil langkah melalui pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan sesuai dengan 10 program pokoknya yang mampu secara langsung mengatasi masalah keluarga dan masyarakat melalui kelompok PKK, RT, RW, dan Dasawisma.

Ia mengatakan Dasawisma juga berfungsi mewujudkan ketahanan keluarga sejahtera untuk menjadikan generasi muda yang tangguh.

"Terima kasih kepada kader PKK dan kader Dasawisma yang telah bekerja keras dalam mewujudkan keluarga sejahtera di setiap daerah. Dasawisma telah berkontribusi menurunkan angka stunting. Sasaran Dasawisma adalah ibu hamil, ibu menyusui, balita dan seribu hari pertama kehidupan," katanya.

Ketua Tim Penilai Lomba Kelompok Dasawisma Berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang juga Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Harnelli Mahyeldi mengatakan kedatangan ini untuk melihat dan mendapatkan informasi nyata dari kelompok Dasawisma berprestasi dengan nominasi tujuh kabupaten dan kota se-Sumatera Barat.

Ia mengatakan pada 6 Februari 2024 telah dilakukan pertemuan ketua Dasawisma berprestasi masing-masing kabupaten/kota sedangkan saat ini verifikasi lapangan dengan Kota Solok sudah berhasil masuk nominasi.

"Bagi juara pertama akan dinobatkan menjadi Duta Dasawisma yang akan dilaksanakan pada 7 Maret 2024 di Kabupaten Agam," ujar dia.