Bupati Solok Selatan minta OPD sediakan data berkualitas

id Bupati Solok Selatan,BERITA SOLSEL,BERITA SUMBAR,FGD Solok Selatan

Bupati Solok Selatan minta OPD sediakan data berkualitas

Bupati Solok Selatan Khairunas melalui staf ahli Bupati Novirman menyerahkan piagam penghargaan atas penyediaan data terbaik kepada OPD setempat, di Padang Aro, Selasa. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatra Barat Khairunas meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saling bersinergi dalam mewujudkan ketersediaan data yang berkualitas untuk disajikan ke masyarakat.

Semua stakeholder harus bekerjasama dengan baik dalam memproduksi data valid dan berkualitas dan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat yang berkepentingan," kata Bupati Solok Selatan Khairunas melalui Staf Ahli Bupati Novirman saat FGD Daerah Dalam Angka dan Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024, di Pesona Alam Sangir Selasa.

Dia berharap, semua OPD ikut mendukung program ini dengan menyediakan data-data yang berkualitas untuk dapat digunakan baik oleh instansi maupun masyarakat umum.

FGD ini katanya, merupakan wadah pertukaran informasi dan tempat mencari solusi dari permasalahan yang ditemukan dalam memproduksi data-data.

Badan Pusat Statistik (BPS) katanya, merupakan pembina data statistik dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Wali data.

Data yang dipublish katanya, merupakan data valid yang sudah diverifikasi oleh Kominfo dan BPS sendiri.

FGD Daerah Dalam Angka dan Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024 bertema "Statistik Sektoral Berkualitas Untuk Solok Selatan Maju dan Sejahtera"

Kepala BPS Solok Selatan Abdul Razi, mengatakan Peserta FGD Solok Selatan dalam angka merupakan produk kolaborasi antara BPS dan Kominfo.

"Sebagian besar data yang dipublish di Solok Selatan dalam angka merupakan data sektoral OPD, yaitu lebih dari 65 persen, selebihnya adalah data-data yang bersumber dari BPS sendiri," ujarnya.

Dia berharap, data yang disajikan bermanfaat bagi masyarakat secara umum demi kemajuan daerah serta ekonomi kerakyatan.