Solok Selatan tingkatkan kemampuan Satlinmas

id pemkab Solok Selatan,berita Solok Selatan,berita sumbar,Satlinmas

Solok Selatan tingkatkan kemampuan Satlinmas

Bupati Solok Selatan Khairunas memberikan sambutan saat peningkatan kapasitas Satlinmas Nagari.Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat meningkatkan kemampuan, keterampilan, sikap, dan perilaku anggota Satlinmas Nagari (Desa adat).

"Selain untuk menjaga ketertiban di masyarakat Satlinmas diharapkan juga bisa membantu dalam penanggulangan bencana di lingkungannya," kata Bupati Solok Selatan, Khairunas, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, Satlinmas merupakan orang-orang tangguh yang menjaga keamanan di lingkungan sekitar sehingga kehadiran mereka menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dari pemerintah.

"Pemerintah sangat terbantu dengan keberadaan Satlinmas, tugasnya untuk berkoordinasi dengan berbagai tingkatan mulai dari masyarakat hingga pemerintah dan merupakan komponen terdepan," ujarnya.

Menurutnya, Satlinmas juga merupakan deretan orang baik yang secara ikhlas melakukan pekerjaan demi keamanan dan kebaikan daerah.

Untuk itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas agar Satlinmas ini semakin paham mengenai wewenang dan kewajibannya dalam menjaga ketertiban dalam masyarakat.

Dia berharap, peningkatan kapasitas ini bisa terus dilakukan secara bertahap dan OPD terkait harus memberikan pengawasan terhadap kinerja Satlinmas.

Pelatihan dan peningkatan kapasitas ini dilaksanakan dalam dua gelombang selama tiga hari, yakni 6-8 Februari 2024.

Gelombang pertama diikuti oleh 109 orang dan kedua sebanyak 83 orang yang seluruhnya berasal dari Satlinmas nagari se-Solok Selatan.

Narasumber kegiatan ini menghadirkan dari Polres Solok Selatan, Kejaksaan Negeri Solok Selatan, Satpol PP dan Damkar, serta Dinas Sosial-PMD.