413 Guru PAI Tingkat SD dan SMP di Padang Siap Jalani PPG

id Guru

413 Guru PAI Tingkat SD dan SMP di Padang Siap Jalani PPG

Wali Kota Padang, Hendri Septa. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 413 guru Pendidikan Agama Islam jenjang SD dan SMP di Kota Padang bakal menjalani sertifikasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2024 ini.

Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan, ini merupakan bentuk ikhtiar bagi tenaga pendidik agama agar mampu mentransfer ilmu agama lebih optimal kepada siswa sebagai generasi penerus.

Hal ini ia sampaikan dalam pembukaan acara Semiloka Pendidikan Profesi Guru PAI Jenjang SD dan SMP di Youth Center Bagindo Aziz Chan Padang, Rabu, (31/1/2024).

"Data kita mencatatkan ada 322 guru PAI tingkat SD, dan 79 tingkat SMP. Kita berharap dengan adanya program sertifikasi PPG ini guru PAI makin optimal dalam mencurahkan pendidikan dan ilmu agama kepda anak-anak kita," ujarnya.

Guru PAI menurutnya sangat berperan penting dalam membantu manjalankan program unggulan Pemerintah Kota Padang. Terutama program hafal minimal 1 juz Al Quran bagi siswa tingkat SD dan SMP.

"Tentunya ini berguna dalam membangun karakter anak dunia dan akhirat. Ini ikhtiar kita agar sebanyak 120.000 siswa hafal minimal juz 30. Di Indonesia, Kota Padang merupakan satu-satunya kota yang punya program ini," tuturnya.

Hingga saat ini, sebanyak 2.500 siswa sudah diwisuda tahfidz alquran melalui Dinas Pendidikan Kota Padang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova menambahkan sertifikasi PPG ini dilaksanakan berkat kerjasama dengan Kemenag Kota Padang. Pihaknya menggelontorkan anggaran sebanyak Rp 2,2 miliar untuk sertifikasi PPG ini.

"Dalam pelaksanaannya kita bekerjasama dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta khusus guru PAI tingkat SMP. Kemudian

khusus guru PAI tingkat SD kerjasama kita dengan UIN Imam Bonjol," tutupnya.

Hadir juga dalam kegiatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Edy Oktaviandi, Ketua Dewan Masjid Kota Padang Maigus Nasir. *