Sumbar luncurkan kalender iven pariwisata 2024

id Kalender iven pariwisata sumbar 2024

Sumbar luncurkan kalender iven pariwisata 2024

Gubernur Sumbar, Mahyeldi luncurkan Kalender Iven Pariwisata Sumbar 2024. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan kalender iven pariwisata 2024 sebagai pedoman bagi wisatawan saat berkunjung ke Ranah Minang.

"Ada 78 iven yang akan menyambut wisatawan saat berlibur ke Sumbar sepanjang tahun 2024," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan kalender iven yang diluncurkan tersebut memperlihatkan kesungguhan Sumbar dalam sektor pariwisata yang terus membaik pascapandemi Covid-19.

"Tahun lalu kita juga meluncurkan kalender iven dan progam Visit Beautiful West Sumatera 2023 yang terbukti bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar," katanya.

Ia menyebut sepanjang 2023, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumbar mencapai 11,5 juta orang atau setara 137 persen dari target yang ditetapkan 8,2 juta pengunjung.

"Kita berharap tahun ini, jumlah kunjungan bisa meningkat lagi. Ditargetkan bisa naik 30 persen dari jumlah kunjungan pada 2023," katanya.

Ia menyebut salah satu strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah wisatawan itu adalah dengan menggaet agenda dan kegiatan tingkat nasional untuk dilaksanakan di Sumbar.

"Kita siap menjadi tuan rumah agenda nasional maupun internasional," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda mengatakan potensi Sumbar sangat lengkap untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata.

"Kita punya destinasi yang lengkap mulai dari dasar laut hingga gunung. Kita punya budaya dan kuliner yang luar biasa. Kita juga punya 78 iven yang digelar sepanjang tahun pada 19 kabupaten dan kota sebagai modal untuk menggaet wisatawan," katanya.*