Pemkot Pariaman luncurkan kalender iven wisata 2021 di Pekanbaru

id Pariaman,Sumbar, Padang

Pemkot Pariaman luncurkan kalender iven wisata 2021 di Pekanbaru

Pengunjung di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru, Riau terlihat antusias menyaksikan tari tabuik yang ditampilkan oleh Pemkot Pariaman,  Sumbar pada Pekan Pariwisata Pekanbaru-Pariaman (P4) atau Pameran Budaya, Pariwisata,  dan Bisnis 2021 di Pekanbaru. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Pekanbaru, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan kalender kegiatan atau iven wisata di Kota Pekanbaru, Riau guna menggaet warga daerah itu untuk datang berlibur ke kota yang dikenal sebagai kota tabuik dan matahari terbenam tersebut.

"Kunjungan wisatawan ke Pariaman paling besar itu dari Pekanbaru sehingga kami kembali meluncurkan kalender iven di sini," kata Walikota Pariaman Genius Umar pada Pameran Budaya, Wisata, dan Bisnis ke II di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan pada awal 2019 Pemkot Pariaman meluncurkan kalender iven di Pekanbaru sehingga pada tahun tersebut kunjungan wisatawan asal daerah itu mencapai 90 persen dari jumlah kunjungan wisatawan yang ada.

Ia menyampaikan meskipun kunjungan wisatawan asal Pekanbaru banyak bahkan hingga sekarang namun pariwisata di Kota Pariaman tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga hingga saat ini Genius mengklaim belum ada penyebaran COVID-19 di Pariaman dari klaster pasar dan pariwisata.

Hal tersebut, lanjutnya juga karena pariwisata di Pariaman bersifat terbuka atau 'outdoor' yang didukung oleh jumlah objek wisata yang banyak dan luas sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran COVID-19.

"Sekarang ini baru klaster asrama dan orang yang baru datang dari luar daerah tapi tidak patuh protokol kesehatan. Insyaallah pariwisata Pariaman aman dari COVID-19," katanya.

Ia berharap dengan peluncuran kalender iven wisata Pariaman di Pekanbaru dapat menarik warga daerah itu untuk datang ke kota yang dikenal dengan kota Tabuik tersebut.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan lokasi pelaksanaan kegiatan itu yaitu di pusat perbelanjaan modren yang berada di padat penduduk sehingga dapat memaksimalkan promosi wisata.

"Kami senang kunjungan wisatawan di Pariaman asal Pekanbaru capai 90 persen pada 2019," ujarnya.

Ia menambahkan Pekanbaru juga merupakan kota wisata yang memiliki banyak iven wisata untuk menggaet wisatawan datang ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial mengatakan Pariaman pantas sebagai kunjungan wisata karena memiliki banyak keunggulan mulai dari alamnya hingga kuliner yang lezat.

"Sunset-nya (matahari terbenam), gulai kepala ikan, banyak," kata dia.

Menurutnya kegiatan tersebut akan menguntungkan Pariaman dan Pekanbaru apalagi saat ini orang lebih memilih berwisata dengan jalur darat.