Peringati HJK Bukittinggi, Wako Erman Safar gratiskan seluruh objek wisata

id HJK Bukittinggi, Wako Erman Safar,wisata Panorama Benteng Fort De Kock

Peringati HJK Bukittinggi, Wako Erman Safar gratiskan seluruh objek wisata

Pengunjung objek wisata Panorama Benteng Fort De Kock dan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan berfoto di Jembatan Limpapeh (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Bukittinggi ke-239, Wali Kota Erman Safar mengintruksikan penggratisan biaya masuk tiga objek wisata berbayar di daerah itu berlaku khusus untuk Sabtu (23/12).

"Besok (Sabtu -red) tiga objek wisata berbayar kita di Bukittinggi, gratis. Jadi warga dan pengunjung Bukittinggi dari daerah mana saja tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Jumat.

Aturan itu berlaku tanpa ada pengecualian. Semua masuk gratis mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Objek wisata berbayar itu adalah Taman Panorama Lobang Jepang, Benteng Fort De Kock dan Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK).

Penggratisan yang disampaikan ke warga juga melalui media sosial pribadi Erman Safar itu mendapat respon positif dari warga setempat.

"Ini hebat ini, kami tidak jadi buru-buru pulang kembali ke Riau, menikmati dulu objek terkenal Bukittinggi selagi gratis," kata seorang wisatawan asal Pekanbaru, Zahra.

"Terimakasih Wali Kota Bukittinggi, tahun lalu hanya digratiskan bagi warga berkartu penduduk setempat, sekarang semua boleh," kata warga lainnya, Mancayo.

Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Rofie Hendra menjelaskan Bukittinggi telah berusia 239 tahun.

"Seperti tahun tahun sebelumnya, ada kado spesial untuk warga dan pengunjung kota, dalam rangka memeriahkan HJK Bukittinggi yang jatuh pada tanggal 22 Desember," kata dia.

Meski demikian, Rofie berpesan, pada warga dan pengunjung yang masuk ke objek wisata, untuk dapat tetap menjaga kebersihan dan juga aturan yang berlaku.

Sehingga objek wisata Kota Bukittinggi dapat terjaga keamanan, kenyamanan dan kelestariannya.

“Contohnya, tidak buang sampah sembarangan, tidak memberi makanan satwa sembarangan. Menjaga keamanan diri, jangan terlalu dekat dengan satwa, perhatikan rambu atau peringatan yang telah tertera di setiap objek wisata kita,” pungkasnya.