Polisi Pariaman optimalkan Satpolairud cegah penangkapan ikan ilegal

id Satpolairud Polres Pariaman,Polres Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Polisi Pariaman optimalkan Satpolairud cegah penangkapan ikan ilegal

Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan bersama Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis meninjau muara sungai sebagai dermaga Kapal Patroli Satpolairud Polres Pariaman saat peresmian satuan tersebut di Pariaman, Rabu. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mengoptimalkan peran Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) yang baru diresmikan dari yang sebelumnya hanya pos guna mencegah praktik penangkapan ikan ilegal yang dilakukan oleh oknum nelayan.

"Pendirian Satpolairud ini menanggapi keluhan masyarakat di Pariaman dan Padang Pariaman," kata Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis saat peresmian Satpolairud di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan masyarakat di daerah itu khususnya yang tergabung ke dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia yang ada di Pariaman dan Padang Pariaman mengeluhkan adanya oknum nelayan yang melakukan aksi penangkapan ikan dengan cara ilegal yaitu menggunakan bom.

Pada saat itu, lanjutnya daerah itu masih berupa Pos Polairud sehingga memiliki keterbatasan dalam hal pengawasan. Namun sekarang sudah menjadi satuan sehingga pengawasan perairan dan pulau di wilayah hukum Polres Pariaman lebih maksimal.

Ia menyampaikan guna mengoptimalkan kinerja dari Satpolairud tersebut pihaknya akan melengkapi sarana dan prasarana serta membenahi kantor karena instansi tersebut sudah memiliki tanggung jawab yang besar.

Ia menjelaskan permintaan adanya Satpolairud di Pariaman tersebut telah diajukan semenjak 2002 namun pada tahun ini baru disetujui oleh markas besar (Mabes) Polri.

"Alhamdulillah, melalui proses yang panjang dan dibantu oleh Dirpolairud Sumbar akhirnya utusan Mabes datang ke Pariaman untuk melihat kondisi kantor dan wilayah sehingga turun surat keputusan dari Kapolri untuk pembentukan Satpolairud," katanya.

Ia berharap dengan adanya Satpolairud tersebut tidak saja dapat meningkatkan keamanan di laut dari perilaku pelanggaran hukum namun juga membantu warga yang tinggal di pesisir pantai guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di daerah itu.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) meresmikan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Kota Pariaman guna mengoptimalkan pengawasan untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres setempat.

"Sebelumnya masih berupa Pos Polairud di bawah jajaran Polisi Sektor Pariaman, namun sekarang sudah menjadi Satpolairud," kata Dirpolairud Polda Sumbar Kombes Pol Sahat M. Hasibuan saat peresmian Satpolairud Polres Pariaman di Pariaman.

Ia mengatakan sebelumnya saat Pariaman bagian dari Kabupaten Padang Pariaman daerah itu sudah memiliki Satpolairud namun karena mengalami pemekaran pada 2002 maka Satpolairud ikut dibawa oleh Polres Padang Pariaman.

Ia menyampaikan pengusulan adanya Satpolairud di Pariaman sudah lama dilakukan pihaknya namun baru disetujui oleh markas besar Polri.