Pemkab Solok upayakan pembangunan menara telekomunikasi

id Pemkab Solok, upayakan pembangunan, menara telekomunikasi

Pemkab Solok upayakan pembangunan menara telekomunikasi

Pemkab Solok upayakan pembangunan menara telekomunikasi (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok mengupayakan pembangunan menara telekomunikasi di Nagari Bukit Bais, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Kabupaten Solok, Sumatera Barat bertujuan untuk mempermudah jaringan internet.

"Kami juga terus berupaya semaksimal mungkin agar pembangunan tower ini bisa terlaksana dengan baik," kata Kepala Dinas kominfo kabupaten Solok melalui Sekretaris Marcos Sophan di Solok, Minggu.

Lebih lanjut, ia mengatakan akan mendukung dan mengawal serta berupaya untuk serius dalam membangun menara telekomunikasi di daerah di itu, khususnya di bidang informasi dan komunikasi.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan lapangan persetujuan penggunaan kawasan hutan untuk pembangunan menara telekomunikasi di Nagari Bukit Bais itu.

Menurutnya kegiatan itu bertujuan untuk mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumbar untuk persetujuan pembangunan menara telekomunikasi di kawasan tersebut.

Ia berharap nantinya bisa dikeluarkan surat izin dan memenuhi syarat setelah diajukan kepada Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan untuk pembangunan menara telekomunikasi.

Di samping itu, Camat IX Koto Sungai Lasi Agus Dwiyanto Gayo sangat mengharapkan terwujudnya pembangunan menara telekomunikasi di Nagari Bukit Bais itu.

“Kami sangat berharap agar terlaksananya pembangunan menara jaringan ini dengan secepat mungkin, karna kegiatan dan aktifitas di Nagari Bukit Bais sangat tergantung pada jaringan,” katanya.

Menurutnya apabila sudah ada jaringan internet, di nagari itu tentu ke depannya akan lebih memudahkan masyarakat memperoleh informasi dalam menjalani aktifitas dan bisa lebih maju.

“Seandainya jaringan sudah memadai kami yakin Nagari bukit bais ini akan bisa maju dengan baik kedepannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Kehutan Provinsi Sumbar Wandra Zulia Farma mengatakan pihaknya akan berupaya mempermudah seluruh persyaratan jika memang tidak ada lagi yang terkendala.

"Sesuai informasi yang kami terima tidak hanya bukit bais yang masih belum ada akses jaringan, masih ada wilayah lain yang perlu difasilitasi kegiatannya, maka dari itu kita semua berharap agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dari awal sampai selesai," kata Wandra.