Sabar AS sebut Pemkab Pasaman totalitas pembangunan keagamaan

id Sabar AS ,pemkab pasaman,berita pasaman,berita sumbar

Sabar AS sebut Pemkab Pasaman totalitas pembangunan keagamaan

Wabup Pasaman, Sabar AS saat membuka lomba kreatifitas santri tingkat RA/TK se-Kecamatan Lubuk Sikaping di Lubuk Sikaping.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Selain pembangunan fisik dengan sejumlah sub-sektornya, Pemkab Pasaman yang dipimpin duet Bupati H. Benny Utama dan Wakil Bupati Sabar AS memberi perhatian besar terhadap pembangunan non-fisik, termasuk pembangunan di bidang Keagamaan.

"Karena kita tengah berupaya keras untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas harus digebleng dengan Keagamaan," kata Sabar AS saat membuka lomba kreatifitas santri tingkat RA/TK se-Kecamatan Lubuk Sikaping di Lubuk Sikaping, Selasa.

Terminologi SDM yang berkualitas dan kualifaid, menurut Wabup Sabar, selain menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), berketerampilan dan memiliki kompetensi, juga punya bekal moralitas yang kuat dan pemahaman ajaran agama yang mendalam.

Dengan kata lain, menurut Sabar, sah-sah saja anak-anak Pasaman ke depan memiliki otak atau kemampuan sebagaimana anak muda di bagian dunia lain, tapi anak itu tidak boleh tercerabut dari akar tempat ia lahir, tumbuh, dan besar.

"Mereka harus tetap menjadi anak Pasaman yang punya bekal moralitas yang kuat dan pemahaman ilmu agama yang mendalam karena itulah sejatinya yang menjadi jati diri anak-anak Pasaman," tambahnya.

Makanya, menurut Sabar, dalam 10 program prioritas Pemkab Pasaman, salah satu di antaranya adalah Pasaman Berimtaq, yaitu menciptakan masyarakat Pasaman yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Dalam pelaksanaannya setelah beberapa tahun berjalan, menurut Sabar, program Pasaman Berimtaq sudah menampakkan progres yang menggembirakan.

"Beberapa di antaranya bahkan menempatkan Pasaman sebagai yang terbaik di Sumbar," tandasnya.

Ia menunjuk contoh gerakan tahfidz yang tahun ini diikuti 1.600 peserta, naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pihaknya juga menyebut gerakan salat Subuh Berjemaah, Gerakan Magrib Mengaji dan lainnya.

Bahkan, menurut Sabar, pada 9 November mendatang akan dilakukan peluncuran Kampung Al-Quran di Nagari Muaro Sungai Lolo "Setelah peluncuran di Muaro Sungai Lolo kita berharap semua nagari di Pasaman menjadi kampung Al-Quran," sebutnya.

Ihwal lomba kreatifitas santri itu sendiri, Wabup Sabar menyatakan memberi apresiasi kepada pihak penyelenggara dan peserta. "Jujur saja, ini kegiatan yang sangat... sangat baik dan bermanfaat," katanya.