Festival Rang Agam Baralek Gadang tingkatkan ekonomi masyarakat

id Bupati Agam,Rang Agam Baralek Gadang,Andri Warman,Berita agam,Berita sumbar

Festival Rang Agam Baralek Gadang tingkatkan ekonomi masyarakat

Bupati Agam Andri Warman sedang memukul tambua dimulai Rang Agam Baralek Gadang. Dok Humas Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman mengatakan Festival Rang Agam Baralek Gadang yang diadakan di Lubuk Basung semenjak 27-29 Oktober 2023, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Pengunjung cukup ramai menghadiri kegiatan yang diadakan di Lapangan GOR Rang Agam," katanya di Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan, pengunjung yang hadir cukup ramai pada tiga malam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Dengan kondisi itu, jual beli pedagang makanan, minuman, mainan dan lainnya cukup tinggi, sehingga dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat yang berjualan di kawasan GOR Rang Agam.

"Jual beli pedagang sangat tinggi selama tiga hari tersebut, sehingga mendorong peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, Festival Rang Agam Baralek Gadang yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Sumbar, melalui dana pokok-pokok pikiran anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan, mengadakan bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bazar UMKM tersebut menyediakan kuliner asli daerah tersebut yang disediakan oleh pelaku UMKM.

"Panitia menyediakan tenda bagi pelaku UMKM dan ada sebagian mereka membuka lokasi tempat jualan," katanya.

Ia mengakui, Rang Agam Baralek Gadang itu untuk melestarikan seni budaya tradisional dengan menampilkan festival lagu minang, tari nusantara, randai, Darak Badarak dan artis Minang Rayola.

Kegiatan ini sangat relevan dengan program unggulan Pemerintah Kabupaten Agam, karena sudah menjadi tuntutan di tengah perkembangan zaman sekarang.

“Perkembangan zaman saat ini menjadi tantangan bagi kita, bagaimana seni budaya Minangkabau tetap melambung di tengah masyarakat,” katanya.