Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terima penghargaan ProKlim 2023

id ProKlim Sumatera Barat,penghargaan proklim 2023,kampung iklim

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terima penghargaan ProKlim 2023

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi. (ANTARA/HO Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) Tahun 2023 untuk kategori Pembina ProKlim tingkat provinsi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyerahkan penghargaan tersebut pada Selasa, dalam rangkaian Festival Iklim Tahun 2023 bertema "Bergerak Bersama Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca" yang berlangsung di Jakarta.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi mengatakan bahwa Sumatera Barat merupakan satu dari 10 provinsi penerima penghargaan ProKlim 2023, yang mencakup Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Menurut dia, penghargaan itu merupakan pengakuan terhadap komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menjalankan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Ia mengatakan bahwa enam kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat juga menerima penghargaan ProKlim 2023, yakni Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Asben Hendri mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Barat juga menerima penghargaan ProKlim Tahun 2023 untuk kategori ProKlim Utama.

Penghargaan ProKlim Utama diberikan untuk Jorong Koran, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung.

Di samping itu, sertifikat ProKlim diberikan untuk lokasi ProKlim di RT 04, 07, 08, dan 11 di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang; Nagari Sungai Gayo Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan; Kampung Sungai Sariak, Nagari Sungai Sariak Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan; dan Nagari Padang Laweh Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar.

ProKlim dilaksanakan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain dalam penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan kepada masyarakat di lokasi kampung iklim yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan guna meningkatkan pelaksanaan program tersebut.