Pariaman masuk 10 besar IGA 2023

id Innovative Government Award 2023,berita pariaman,berita sumbar

Pariaman masuk 10 besar IGA 2023

Tim Penilai IGA 2023 berfoto bersama dengan pejabat di Pemkot Pariaman, Sumbar saat melakukan validasi. Antara/Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat masuk 10 besar Innovative Government Award (IGA) tahun 2023 dengan memiliki 108 inovasi yang dua inovasi diantaranya menjadi unggulan.

“Pada tahun 2021 Kota Pariaman sudah masuk 10 besar nasional dalam IGA tahun 2021. Dan alhamdulillah, untuk tahun 2023 ini kita kembali masuk nominator 10 besar IGA tahun 2023," kata Asisten I Kota Pariaman Yaminurizal di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya menargetkan Pariaman bisa masuk masuk 5 besar IGA tahun 2023 dengan inovasi yang dimiliki sehingga mendapatkan prestasi yang membanggakan bagi daerah.

Ia menyebutkan dari ratusan inovasi daerah terdapat dua inovasi unggulan yaitu Kerja Genius yakni pembukaan bersama jalan baru dengan Genius.

Lalu Bisik Manja yakni Bincang-bincang Seputar Informasi Kesehatan melalui Pelayanan Jarak Jauh bersama podcast Ciloteh Sehati Puskesmas Kurai Taji.

Menurutnya inovasi tersebut diharapkan menghasilkan kebijakan yang inovatif untuk percepatan pembangunan daerah dan perbaikan standar hidup masyarakat.

Yaminurizal mengatakan inovasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan birokrasi, dan memfasilitasi pemajuan tata kelola.

Lalu, memantapkan kompetensi sumber daya manusia aparatur, mendukung pemeliharaan lingkungan hidup dan memajukan pembangunan di seluruh sektor secara komprehensif.

"Tentunya hal ini bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan validasi terkait inovasi tersebut telah dilakukan oleh tim penilai yang diketuai oleh Kepala Organisasi Riset Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Nuril Fikri Aulia (BSKDN Kemendagri) Agus Eko Nugroho pada Rabu (18/10).

Menurut Agus Eko Nugroho Pariaman memiliki keunggulan dalam hal Pemerintah Kota Pariaman bisa berbaur dengan tokoh-tokoh adat sehingga dapat membuka jalan baru bersama masyarakat secara swadaya.

“Kami mengapresiasi Kota Pariaman masuk ke dalam penilaian validasi dari sekian banyak peserta," ujarnya.