Gregoria akui merasa tertekan di perempat final Asian Games 2022

id Gregoria mariska tunjung,asian games 2022,asian games hangzhou

Gregoria akui merasa tertekan di perempat final Asian Games 2022

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengusap wajahnya saat melawan Ashmita Chaliha asal India pada babak 32 besar Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Selasa (3/10/2023). Grego melaju ke babak 16 besar usai menang dengan skor akhir 21-17, 21-16. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Atlet bulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengakui merasa cukup tertekan saat melakoni babak perempat final Asian Games 2022 Hangzhou, Kamis.

Gregoria yang turun sebagai unggulan kelima pada ajang tersebut, kalah dari wakil Jepang Aya Ohori 10-21, 17-21. Ia mengatakan ketertinggalan yang begitu jauh di gim pertama membuat rasa tertekan itu muncul dan mengikis performanya.

“Kuncinya di gim pertama, saya tidak seharusnya tertinggal begitu jauh di pembukaan sampai interval. Itu membuat lawan lebih percaya diri sedangkan saya harus bekerja lebih keras. Hal itu sangat memengaruhi mental saya,” ungkap Gregoria, dikutip dari keterangan singkat PBSI.

“Saya merasa di gim pertama tegang itu ada, merasa tekanan semua ada di saya. Di samping lawan yang memang sangat baik dalam mengontrol permainan. Saya jadi tidak bisa berkembang apa pun,” ujarnya menambahkan.

Tunggal putri peringkat tujuh dunia itu mengatakan, partai perempat final merupakan babak yang penting karena merupakan laga yang menentukan adanya peluang perebutan medali.

Saat ditanya apakah rasa tertekan juga muncul karena Gregoria merupakan tumpuan terakhir Skuad Merah Putih di cabang olahraga bulu tangkis di Asian Games edisi ke-19 ini, ia mengaku berusaha untuk fokus saja pada pertandingan yang akan ia lakoni.

“Sebetulnya saya tidak terlalu memikirkan saya menjadi satu-satunya harapan terakhir Indonesia untuk meraih medali. Tapi lebih mikir ke target pribadi, mungkin bagi saya semua lawan berat tapi saya rasa saya punya kemampuan yang lebih untuk bisa melawan dia hari ini,” jelas Gregoria.

Dengan ini, maka menandai kali pertama dalam sejarah Asian Games dimana tidak ada satu medali pun yang berhasil dibawa pulang oleh tim Indonesia.

Gregoria merupakan satu dari tiga wakil Indonesia yang berlaga di perempat final Asian Games 2022 Hangzhou. Sebelumnya, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga menelan kekalahan dari wakil Chinese Taipei Lee Yang/Wang Chi-Lin, 19-21, 18-21.

Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting juga kalah dari wakil China Li Shi Feng dua gim langsung dengan skor 13-21, 17-21.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gregoria akui merasa tertekan di perempat final Asian Games 2022