Wagub Sumbar luncurkan Gerakan Wisata Bersih di Mentawai

id Gerakan Wisata Bersih, Mentawai,Wagub,Audy Joinaldy

Wagub Sumbar luncurkan Gerakan Wisata Bersih di Mentawai

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mensosialisasikan sekaligus meluncurkan Gerakan Wisata Bersih di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sumbar)

Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy meluncurkan Gerakan Wisata Bersih di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai salah satu upaya memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

"Kebersihan adalah modal yang utama untuk mengembangkan pariwisata, di samping keramahan, sarana, dan prasarana pendukung. Karena itu penting bagi pelaku usaha pariwisata dan masyarakat untuk lebih peduli terhadap hal ini," katanya di Mentawai, Rabu.

Wagub mengatakan itu saat mensosialisasikan dan meluncurkan Gerakan Wisata Bersih di Kawasan Pantai Jati, Tua Peijat, Mentawai.

Ia mengatakan Mentawai merupakan salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Sumbar. Tidak hanya wisatawan Nusantara, wisatawan mancanegara juga berkunjung untuk menikmati keindahan laut Mentawai sepanjang tahun.

"Khusus untuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumbar, sebagian besar tujuannya adalah Mentawai," ujarnya.

Ia menilai dengan menjaga kebersihan, terutama di destinasi wisata, akan meningkatkan daya saing pariwisata Mentawai, sehingga bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk datang.

Apalagi, katanya, sekarang Mentawai sudah memiliki Bandara Rokot Mentawai yang lebih representatif karena memiliki panjang landasan pacu 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang.

Sebelumnya bandara yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang landasan pacu 850 x 23 meter.

"Ini akan semakin memudahkan akses wisatawan untuk datang ke Mentawai. Kalau ditunjang pula dengan kebersihan dan pelayanan yang ramah, maka Mentawai akan bisa menyaingi Bali," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda, menyebut peluncuran Gerakan Wisata Bersih itu merupakan wujud dari kepedulian pemerintah daerah (pemda) untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung yang akan berwisata ke Sumbar, terutama pada kawasan pesisir.