Sumbar promosikan budaya dalam program Discover Hotel Borobudur

id Discover, hotel borobudur

Sumbar promosikan budaya dalam program Discover Hotel Borobudur

Gubernur Sumbar, Mahyeldi saat menandatangai MoU kerjasama promosi budaya dengan Hotel Borobudur. (ANTARA/HO-Zaki Fahminanda)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan potensi pariwisata, budaya, produk UMKM dan kuliner dalam program Discover yang digelar Hotel Borobudur, Jakarta selama satu bulan penuh pada Oktober 2023.

"Ini kesempatan bagi Sumbar untuk promosi potensi daerah pada tamu di Hotel Borobudur. Kita berharap promosi ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbar," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi di Padang, Rabu.

Ia mengatakan, Sumbar memiliki potensi besar di bidang pariwisata yang ditunjang oleh keelokan alam dan banyaknya destinasi yang bisa dikunjungi. Selain itu budaya yang unik dan kuliner yang serba lezat juga menjadi daya tarik tersendiri.

Namun agar efektif untuk mendatangkan wisatawan, diperlukan promosi yang berkelanjutan sehingga wisatawan bisa mengenal lebih dekat keunggulan Sumbar tersebut.

"Melalui promosi di Hotel Borobudur ini, wisatawan bisa mendapatkan informasi tentang pariwisata Sumbar sambil mencicipi kuliner dan produk UMKM yang dipamerkan di lobi hotel," katanya.

Sementara itu Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumbar, Doni Rahmat Samulo mengatakan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) kerja sama antara Pemprov Sumbar dan Hotel Borobudur untuk promosi potensi daerah itu sudah ditandatangani oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan perwakilan Hotel Borobudur.

"Perjanjian kerja sama (PKS)-nya sebagai tindak lanjut juga sudah kita siapkan. Promosi Pemprov Sumbar di Hotel Borobudur akan berlangsung selama satu bulan 1-31 Oktober 2023," katanya.

Ia menyebut, selama periode itu, Pemprov Sumbar akan menampilkan sejumlah kesenian daerah di Hotel Borobudur setiap akhir pekan. Selain itu ada delapan stand yang disiapkan di lobi hotel untuk promosi produk kerajinan dan UMKM unggulan Sumbar.

"Di taman hotel juga disiapkan sekitar 20 titik yang akan diisi dengan ragam kuliner khas Sumbar sehingga para tamu bisa langsung mencicipi kelezatan sajian tersebut," ujarnya.

Ia menyebut sejumlah OPD terlibat dalam kerjasama tersebut diantaranya dinas pariwisata, dinas kebudayaan serta Dinas Koperasi dan UKM Sumbar.

Program Discover merupakan salah satu program Hotel Borobudur Jakarta menuju perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 Tahun yang akan jatuh pada Maret 2024.

Program itu diadakan di tahun 2023, bekerjasama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mendukung dan melestarikan kebudayaan lokal, salah satunya Sumatera Barat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar promosikan budaya dalam program Discover Hotel Borobudur