Polresta Padang bentuk Kampung Bebas Narkoba di Rawang

id Polresta Padang,Berita padang,Berita sumbar

Polresta Padang bentuk Kampung Bebas Narkoba di Rawang

Polresta Padang bentuk Kampung Bebas Narkoba di Rawang

Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membentuk Kampung Bebas Narkoba di Kelurahan Rawang Jondul kota setempat pada Rabu (20/9).

Peresmian dilakukan langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa, dan turut dihadiri oleh Komandan Kodim 0312 Padang Kolonel Inf Jadi, pihak Kejaksaan Negeri Padang, dan lainnya.

"Kampung Bebas Narkoba ini diharapkan bisa membantu kerja Kepolisian dalam memberantas peredaran di Kota Padang," kata Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Ferry Harahap usai peresmian di Padang, Rabu.

Ia mengatakan selain penindakan yang terus dilakukan oleh Polresta Padang, upaya pencegahan pun juga harus terus dilakukan.

Melalui kampung bebas narkoba itu diharapkan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba bisa berjalan lebih maksimal dengan melibatkan masyarakat secara langsung.

Ferry mengatakan saat peresmian juga telah dideklarasikan komitmen bersama antara pihak Kepolisian, Pemerintah, serta tokoh masyarakat untuk sikap anti narkoba.

Pada Kampung Bebas Narkoba masyarakat di kelurahan setempat memiliki alur untuk melaporkan penyalahgunaan narkoba, hingga layanan konseling dan rehabilitasi jika ada yang kecanduan.

Menurutnya peran dari Bhabinkamtibmas Polri juga akan dimaksimalkan di sana sebagai penggerak yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, berkoordinasi dengan Babinsa TNI.

Sementara itu Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan Kelurahan Rawang diharapkan bisa menjadi percontohan bagi 104 kelurahan yang ada di Padang sebagai kampung bebas narkoba.

"Kelurahan Rawang dulunya pernah menjadi sarangnya narkoba, bahkan ada tempat produksinya di sini. Namun berkat kepedulian bersama citra itu berhasil diubah seratus delapan puluh derajat," jelasnya.

Hal itu jugalah yang menjadi dasar penunjukkan Kelurahan Rawang sebagai kampung bebas narkoba, bahkan sekarang statusnya termasuk tiga terbaik di Sumbar dalam upaya pemberantasan narkoba.

Pada bagian lain, peresmian kampung bebas narkoba itu juga dihadiri oleh Kepala Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang AKP Martadius, para Kapolsek, tokoh masyarakat, niniak mamak dan bundo kanduang, LSM anti narkoba, dan lainnya.