Pelari putri asal Solok raih prestasi di POPNAS XVI Palembang 2023

id Pelari putri asal Kota Solok, raih prestasi, ajang, POPNAS XVI, Palembang 2023,Pelari putri asal Solok raih prestasi,Pe

Pelari putri asal Solok raih prestasi di POPNAS XVI Palembang 2023

Pelari putri asal Kota Solok Wilna Selvi saat mengambil medali di ajang POPNAS XVI Palembang 2023 (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pelari putri jarak menengah asal Kota Solok, Sumatera Barat Wilna Selvi berhasil meraih prestasi tingkat nasional di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Palembang tahun 2023 dengan menyabet dua medali emas di nomor 3.000 meter dan 5.000 meter putri.

“Alhamdulillah, Wilna Selvi, pelajar kelas X SMAN 4 Kota Solok berhasil menyumbang dua medali emas kontingen Sumbar," kata Pelatih Atletik Sumbar yang mendampingi atlet saat bertanding Anwar di Solok, Selasa.

Anwar mengatakan, Final nomor 3.000 meter putri adalah nomor spesialis bagi Wilna. Ia meraih prestasinya dengan kembali mendulang emas keduanya.

Pelatih itu mengaku sangat bersyukur dan terharu atas perjuangan serta peningkatan prestasi yang telah diukir anak didiknya pada pesta olahraga terbesar di Indonesia itu.

Pada Kejurnas kelompok umur tahun 2022 lalu di Semarang Wilna meraih satu emas nomor 3.000 meter dan satu perak nomor 5.000 meter.

Namun pada tahun ini Atlet lari putri kebanggaan sentra olahraga terpadu binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok itu kembali berhasil meraih dua emas dalam dua hari penyelenggaraan.

Emas pertamanya diraih pada Sabtu (2/9) pada nomor 5.000 meter putri setelah mengungguli lawannya dengan waktu 19:21.97 detik, perak dan perunggu diraih oleh Tefu Patri Arlina dari Nusa Tenggara Timur dengan waktu 19:30.72 detik, dan Nuriyanti Siti Frisda dari Jawa Timur dengan waktu 20:01.

Sehari setelahnya di tempat yang sama, Minggu (3/9) pagi, Wilna Selvi kembali menyumbang emas bagi kontingen Sumatera Barat di nomor 3.000 meter putri dengan waktu 11:03.28 detik, perak dan perunggu dengan perbedaan waktu yang tipis diraih oleh Moingo Ermelinda dengan waktu 11:05.74 dan Tefu Patri Arlina dengan waktu 11:05.75 detik, keduanya dari Nusa Tenggara Timur.

Selaku pelatih yang telah mendampingi Wilna sejak awal mengenal atletik, Anwar sangat berterima kasih kepada pemerintah Kota Solok, KONI Kota Solok serta Pemprov Sumbar atas dukungan penuh fasilitas yang diberikan kepada anak asuhnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa ajang POPNAS XVI Palembang tahun 2023 itu diselenggarakan pada tanggal 27 Agustus sampai 03 September 2023 lalu. Kota Solok yang mewakili Provinsi Sumatera Barat sendiri, mengirimkan empat atlet putri pada kejuaraan Popnas tahun 2023.

Selain Wilna, Keziya Sahela berada pada urutan lima pada nomor jalan cepat 5 K, Diana Amelia Sari peringkat empat pada nomor lari 1.500 meter putri, dan Salsabila juga finis di peringkat empat nomor lari 800 meter putri.

Dengan sumbangan dua emas ini kontingen Sumatera Barat pada cabang atletik berada di posisi lima besar dengan torehan lima medali (tiga emas dan dua perunggu).

Sedangkan untuk juara umum diraih oleh Jawa Tengah dengan 18 medali (delapan emas, lima perak, dan lima perunggu), selanjutnya Jawa Timur dengan 18 medali (delapan emas, empat perak dan enam perunggu), DKI Jakarta 16 medali (empat emas, tujuh perak dan lima perunggu), dan DI Yogyakarta delapan medali (tiga emas, dua perak dan tiga perunggu) di peringkat empat.

Lebih lanjut, Anwar menyebutkan rekap perolehan medali cabang atletik kontingen Provinsi Sumbar pada POPNAS XVI Palembang tahun 2023 sebagai berikut :

1. Artika Nur Qisti, medali Emas nomor Lempar Cakram Putri berasal dari PPLP Sumbar.

2. Wilna Selfi, medali Emas nomor Lari 5.000 M Putri berasal dari Sentra Olahraga Terpadu Kota Solok.

3. Wilna Selfi, medali Emas nomor Lari 3.000 M Putri berasal dari Sentra Olahraga Terpadu Kota Solok.

4. Yurmi Eka Putri medali Perunggu Tolak Peluru Putri berasal dari PPLP Sumbar.

5. Yurmi Eka Putri medali Perunggu Lempar Lembing Putri berasal dari PPLP Sumbar.