Bupati imbau sikapi pilwana serentak dengan bijaksana

id Bupati Tanah Datar Eka Putra,Berita tanah datar,Berita sumbar

Bupati imbau sikapi pilwana serentak dengan bijaksana

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar Eka Putra, meminta masyarakatnya untuk menyikapi pemilihan wali nagari atau (Pilkades) serentak 2023 dengan bijaksana tanpa ada pertikaian ditengah masyarakat.

"Saya mengajak kepada masyarakat yang Nagari nya ikut melaksanakan pemilihan wali nagari tahun ini agar menyikapinya dengan bijaksana," kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Minggu.

Dia mengatakan, wali nagari adalah sebuah jabatan politik dalam memimpin di nagari, dan siapa yang akan memimpin nantinya sudah ada takdirnya masing-masing.

Untuk itu, ciptakanlah pemilihan wali nagari dengan kegiatan yang badunsanak tanpa ada pertikaian dan perpecahan pasca pemilihan.

"Pesan saya kepada kita semua ciptakanlah pilwanag badunsanak. Kalau soal siapa yang terpilih takdirnya sudah ada, jangan kita sampai berkelahi pasca pemilihan wali nagari nantinya karena kita semuanya badunsanak," kata Bupati.

Dia juga mengimbau, kepada bakal calon Wali Nagari nantinya untuk tidak melakukan kampanye hitam yang merugikan calon calon lainnya dan juga masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan KB (PMDPPKB) Abdurahman Hadi, mengatakan adapun jumlah nagari yang mengikuti Pilwana serentak tahun ini berjumlah sebanyak 54 nagari yang akan dilangsungkan pada 26 September 2023.

Sementara untuk tahapannya kata dia, sudah masuk tahapan persiapan, tahapan pencalonan, tahapan pemungutan hingga perhitungan suara dan tahapan penetapan.

"Mudah-mudahan apa yang direncanakan dalam menciptakan pilwana badunsanak dapat berjalan dengan sukses," kata dia.