Gempa magnitudo 7,4 guncang Tanah Bumbu Sulsel

id Gempa bumi, BMKG, Tanah Bumbu, Sulawesi Selatan

Gempa magnitudo 7,4 guncang Tanah Bumbu Sulsel

Peta sebaran guncangan gempa bumi tektonik magnitudo 7,4 di Tanah Bumbu, Sulawesi Selatan, Selasa (29/8/2023). ANTARA/HO-BMKG

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Selasa.

"Pusat gempa berada di laut 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu," kata Plh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Iman Fatchurochman dalam keterangannya di Jakarta.

Gempa yang terjadi pukul 02.55 WIB terletak di kedalaman 10 kilometer pada koordinat 4,38 LS-116,90 BT.

Ia mengatakan gempa bumi dirasakan di Tanah Bumbu dengan skala intensitas MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

BMKG melaporkan getaran dirasakan hingga Kuta, Gianyar, Denpasar, Waingapu, Lombok, Karangkates, Kuta Selatan, Tabanan, Trenggalek, Bantul, dan Blitar.

Gempa bumi adalah bencana yang sering terjadi di Indonesia, sebab sebagian besar berada di daerah rawan bencana berada di kawasan Cincin Api Pasifik.

Jalur rangkaian gunung berapi aktif di sepanjang Samudra Pasifik menyebabkan wilayah yang berada di jalur tersebut sering mengalami gempa bumi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa magnitudo 7,4 guncang Tanah Bumbu