Bendera dan Naskah Proklamasi tiba di Istana Merdeka

id upacara HUT RI,bendera merah putih,naskah teks proklamasi,kirab budaya HUT RI

Bendera dan Naskah Proklamasi tiba di Istana Merdeka

Kirab budaya dalam rangka Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI memasuki gerbang Istana Merdeka dalam gladi bersih yang dilaksanakan pada Selasa (15/8/2023). (ANTARA/Yashinta Difa) (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi tiba di Istana Merdeka, Jakarta, untuk digunakan dalam Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Kamis.

Duplikat bendera dan naskah teks proklamasi dibawa menggunakan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa yang ditarik tujuh ekor kuda putih dan dikawal delapan ekor kuda lainnya, dalam iring-iringan kirab budaya dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Merdeka.

Jumlah kuda tersebut mewakili angka tujuh dan delapan, yang sesuai dengan usia Republik Indonesia ke-78 tahun.

Tahun ini, jalur kirab diperpanjang dari Cawan Monas menuju perempatan Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Medan Merdeka Selatan. Di sekitar Patung Arjuna Wijaya, kirab melalui beberapa kantor kementerian menuju istana.

Di dalam kereta tersebut, tampak dua anggota Purna Paskibraka 2022 yaitu Ghania Taufiqa Salma Wibowo dari Yogyakarta dan Ayumi Putri Sasaki dari Banyuwangi, yang masing-masing bertanggung jawab membawa baki berisi Bendera Merah Putih dan naskah teks proklamasi.

Kirab budaya yang mengiringi perjalanan untuk mengantar bendera dan naskah proklamasi tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 08.48 WIB.

Bendera dan naskah proklamasi kemudian diserahkan untuk diletakkan di mimbar kehormatan di Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan ANTARA, kirab Kereta Kencana Ki Jaga Rasa antara lain diiringi pula oleh pasukan berkuda dan pasukan marching band korps TNI-Polri.

Selain itu, kirab juga diikuti oleh pelajar siswa SMAN 3 Jakarta Selatan dan SMAN 4 Jakarta Pusat, serta ibu-ibu dari asosiasi kebaya yang memakai pakaian tradisional.

Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ditandai dengan dentuman tembakan meriam, kemudian dilanjutkan dengan serangkaian prosesi yang dipimpin oleh inspektur upacara mulai dari Mengheningkan Cipta, pembacaan doa oleh Menteri Agama, dan pengibaran Bendera Merah Putih.

Rencananya, pengibaran bendera akan dilakukan oleh 76 anggota Paskibraka, yang mewakili 38 provinsi di Indonesia dengan setiap provinsi diwakili oleh sepasang pemuda pemudi.

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI akan diselenggarakan di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (17/8) sekitar pukul 09.00 WIB.

Tahun ini diperkirakan menjadi upacara HUT Kemerdekaan RI terakhir yang diselenggarakan di Istana Merdeka di Jakarta, karena pada 2024 Presiden Joko Widodo menargetkan untuk mengadakan upacara HUT Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bendera dan Naskah Proklamasi tiba di Istana Merdeka