Tour "Explore Sumatera" jelajahi wisata Sumbar

id Touring, sumbar

Tour "Explore Sumatera" jelajahi wisata Sumbar

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy melepas peserta tur bermotor di Padang, Jumat (11/8/2023). (ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar)

Padang (ANTARA) - Touring Merdeka Big Max Indonesia (BMI) bertajuk "Explore Sumatera" menjelajahi sejumlah destinasi wisata Sumbar selama tiga hari dalam rangka ikut memeriahkan HUT ke-78 RI.

Ketua Panitia Touring Merdeka BMI Ramon di Bukittinggi, Sabtu, mengatakan kegiatan itu sesuai dengan tajuknya mengeksplorasi keindahan alam beberapa provinsi di Sumatra.

"Selama di Sumbar, rombongan mengeksplorasi destinasi wisata di beberapa daerah, di antaranya Padang, Kabupaten Solok, Kota Bukittinggi, Agam, dan Limapuluh Kota selama tiga hari," katanya.

Ia mengatakan setelah Sumbar, rombongan yang terdiri atas 120 pemotor itu akan melanjutkan perjalanan ke Sumatera Utara dan akan berakhir di Sabang pada 17 Agustus 2023.

"Kami berterima kasih atas sambutan Pemprov Sumbar yang telah merekomendasikan sejumlah destinasi wisata unggulan. Kami berharap eksplorasi kali ini bisa ikut berkontribusi untuk memperkenalkan wisata Sumbar secara lebih luas," katanya.

Selain eksplorasi destinasi wisata, rombongan tersebut juga merayakan peringatan HUT Komunitas di Kota Padang dan menghadiri pertemuan nasional pengendara skutik besar itu di Bukittinggi pada 12-13 Agustus 2023.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan pihaknya mendukung semua upaya untuk mempromosikan pariwisata daerah secara lebih luas untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan.

Menurut dia, dengan semakin banyak kegiatan dan tur yang menarik, pariwisata Sumbar akan semakin dikenal dan semakin banyak pula pelancong dari luar daerah yang memilih untuk berwisata di Sumatera Barat.

Ia mengajak para pelancong yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Sumbar untuk mengunggah pengalaman dan suasana seru berwisata di Sumatera Barat di media sosial.

Dengan begitu, katanya, keunikan dan keindahan pariwisata Sumatera Barat semakin dikenal lebih luas.

"Jangan lupa 'upload' (unggah) di media sosial dan gunakan tagar #visitbeautifulwestsumatera2023," katanya.

Pemprov Sumbar menggelar Program Visit Beautiful West Sumatera 2023 dengan target kunjungan 8,2 juta wisatawan. Hingga semester I, data Dinas Pariwisata setempat sekitar lima juta wisatawan tercatat telah mengunjungi provinsi tersebut.