Murid SMPN 1 Solok ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

id Seorang murid, SMPN 1 Solok, ikuti jambore, pramuka dunia, di Korea Selatan,solok

Murid SMPN 1 Solok ikuti Jambore Pramuka Dunia di Korea Selatan

Pelepasan seorang murid SMPN 1 Solok Faiz Azka (tengah) mengikuti jambore pramuka dunia di Korea Selatan (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Seorang murid SMPN 1 Kota Solok, Sumatera Barat bernama Faiz Azka terpilih mewakili Kota Beras Serambi Madinah itu mengikuti World Scout Jamboree atau Jambore Pramuka Dunia yang ke-25 di Korea Selatan dari tanggal 1 sampai 12 Agustus 2023 mendatang.

Wakil Walikota Solok Ramadhani Kirana Putra yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 0310 Gerakan Pramuka Kota Solok di Solok, Kamis mengapresiasi Faiz Azka yang merupakan satu-satunya peserta terpilih dan mewakili Kwartir Cabang 0310 Kota Solok mengikuti jambore dunia.

Faiz Azka adalah anak dari pasangan Fauzi dan Desri Marliza yang berasal dari pangkalan Gugus Depan SMP Negeri 1 Kota Solok.

Jambore Dunia Ke-25 itu diselenggarakan di Bumi Perkemahan SaeManGeum, Buan City, Provinsi Jeollabuk, Korea Selatan dan diikuti oleh 50 ribu peserta dari 173 negara.

Jambore Dunia diselenggarakan setiap empat tahun sekali dimana peserta tidak hanya harus memiliki keterampilan pramuka, tetapi mereka juga harus dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris karena komunikasi di arena perkemahan menggunakan bahasa tersebut.

Untuk menjadi peserta Jambore Pramuka Dunia harus melewati tahapan seleksi gugus depan atau sekolah, selanjutnya seleksi tingkat ranting atau kecamatan dan seleksi tingkat Kwarcab.

Peserta terpilih adalah anggota Pramuka terbaik dari Kwarcab Kota Solok dengan memperhatikan keaktifan di Gugus Depan, kemampuan berbahasa Inggris dan pengetahuan budaya dan seni Indonesia.

Dilaporkan bahwa Indonesia mengirimkan 1.789 orang, terdiri dari 1.310 peserta, 146 pembina pendamping, 93 sukarelawan Internasional Service Team, visitor 240 orang.

Pelepasan dilaksanakan di ruang kerja Wawako di Balai Kota Solok, Kamis (27/7).

Ramadhani juga menyampaikan harapannya agar nantinya Faiz dapat memanfaatkan pengalaman yang tidak bisa dimiliki oleh setiap orang ini dengan baik untuk bertemu dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia.

“Jaga nama baik Indonesia, khususnya Kota Solok, hormati orang tua, selalu berkoordinasi dengan kakak Bindamping dan kakak-kakak peserta lainnya, hormati teman-teman, semoga selamat sampai tujuan. Kami berdoa agar berangkat dengan percaya diri dan pulang dengan selamat,” ucap Dhani.

Ketua Kwarcab juga menyebutkan, prestasi tertinggi ini bukan capaian akhir dan mudah-mudahan menjadi motivasi untuk berkiprah lebih jauh di gerakan Pramuka, terutama di sekolah dan gugus depan.

“Keluarga besar Pramuka Kota Solok juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan pihak sekolah yang telah mendukung dan memotivasi anak kita untuk dapat mengikuti Jambore Dunia tahun 2023 ini,” kata Ramadhani.