Kapolres AKBP Donny Bramanto : Satkamling garda terdepan

id Polres Padang Panjang.,berita Padang Panjang.,berita sumbar

Kapolres AKBP Donny Bramanto : Satkamling garda terdepan

Padang Panjang (ANTARA) - Mempercepat upaya revitalisasi Satuan keamanan lingkungan (Satkamling), Polri kembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

"Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif," kata Kapolres Padang Panjang AKBP Donny Bramanto, SIK saat memimpin Apel Kasat Kamling di halaman Mapolres Padang Panjang, Rabu.

"Solidaritas warga adalah kunci utama kesuksesan penyelenggaraan Satkamling. Selain itu, Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya, sehingga pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan optimal,” kata Donny Bramanto.

Apel Kasat Kamling teraebut dihadiri Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Setdako, Yas Edizarwin, S.H bersama Forkopimda. Kapolres, AKBP Donny Bramanto, SIK menyampaikan Apel Kasat Kamling juga dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Untul memotivasi Satkamling di Wilayah hukum Polres Padang Panjang digelar lomba Satkamling dan diberikan hadiah yang diserahkan usai apel, pemenang lomba kasat Kamling ini diantaranya juara I Satkamling Sago Residence RT 14 Kelurahan Ngalau Kecamatan Padang Panjang Timur, juara II Satkamling Barin RT 21 Kelurahan Guguk Malintang, Kecamatan. Juara III Satkamling Mato Aie, Nagari Batu Taba, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar.

Pada kesempatan tersebut Kapolres juga mengukuhkan Polisi RW di wilayah hukum Polres Padang Panjang.