KPI Award momentum Sumbar promosikan pariwisata dan budaya

id Kpi pusat, anugerah kpi, kpi Award,padang

KPI Award momentum Sumbar promosikan pariwisata dan budaya

Komisioner KPI Pusat bidang kelembagaan Amin Shabana (kiri) bersama Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Maigus Nasir (kanan) diwawancarai awak media di Padang, Senin, (19/6). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Bidang Kelembagaan Amin Shabana mengatakan KPI Award atau Anugerah KPI merupakan momentum bagi Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang berencana menjadi penyelenggara kegiatan tersebut untuk mempromosikan sektor pariwisata dan budaya.

"Saat penyelenggaraan KPI Award tentu bisa menjadi momen penting bagi Sumatera Barat terkait promosi budaya dan pariwisata," kata Amin Shabana di Padang, Senin.

Menurutnya, KPI Award yang dilaksanakan setiap tahun akan dihadiri 33 KPI daerah. Artinya, peluang promosi sektor pariwisata dan budaya dari Ranah Minang ke tataran nasional, bahkan internasional terbuka lebar apabila dimanfaatkan dengan maksimal.

"Jika KPI Award jadi dilaksanakan di Sumbar, maka harapan kami akan berdampak positif terhadap Sumatera Barat," harap dia.

Sejauh ini, katanya, KPI Pusat telah melakukan koordinasi intensif bersama Pemerintah Provinsi Sumbar, termasuk pimpinan DPRD setempat karena agenda yang direncanakan pada Oktober atau November 2023 tersebut butuh persiapan matang.

Ia mengatakan untuk KPI Award Tahun 2023 terdapat beberapa kategori, yaitu drama, dokumenter, anak, "features", religi, dan beberapa kategori lainnya yang saat ini diproduksi lembaga penyiaran.

"Nantinya akan kami pilih program-program yang dianggap berkualitas," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumbar Maigus Nasir mengatakan untuk mempromosikan pariwisata dan budaya di Ranah Minang ke tataran nasional, maka peran media massa sangat dibutuhkan.

Terkait KPI Award, ia mengatakan lembaga legislatif akan memberikan dukungan maksimal terhadap semua kegiatan berskala nasional yang diselenggarakan di Provinsi Sumbar.

Akan tetapi, lanjut dia, dukungan kegiatan KPI Award Tahun 2023 tersebut tentunya menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran di Provinsi Sumbar.