KPID Sumbar ajukan diri jadi tuan rumah Hari Penyiaran Nasional 2023

id Kpid sumbar,Kpi pusat,Berita sumbar

KPID Sumbar ajukan diri jadi tuan rumah Hari Penyiaran Nasional 2023

Ketua KPID Sumbar Dasrul bersama Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo, dan Kepala Dinas Kominfotik Sumatera Barat Jasman Rizal di Kantor KPID Sumbar pada Selasa

Padang (ANTARA) - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat mengajukan diri menjadi tuan rumah Hari Penyiaran Nasional 2023.

Ketua KPID Sumbar Dasrul di Padang, Selasa mengatakan ada beberapa hal penting yang dapat menjadi pertimbangan Sumbar sangat tepat untuk dijadikan tuan rumah Hari Penyiaran Nasional.

Mulai dari Sumbar memiliki sejarah kuat tentang lahirnya pelopor-pelopor di dunia penyiaran Indonesia.

“Tidak hanya itu, dunia jurnalistik dan penyiaran yang bergeliat di Sumbar pun terhitung sangat aktif," kata dia

Sumbar memiliki 88 Lembaga Penyiaran Televisi dan Radio berizin dan aktif dalam memproduksi konten siaran lokal.

Secara kuantitas hal ini sudah menandakan penyiaran di Sumbar masih ada dan berkembang begitu juga secara kualitas Lembaga Penyiaran aktif memproduksi konten siaran serta berkerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Selain itu kondisi Sumbar saat ini semakin memperlihatkan eksistensinya di dunia penyiaran hal ini dapat dilihat dari perampungan Perda Penyiaran yang sedang dirancang bersama Komisi 1 DPRD Sumatera Barat.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik Jasman Rizal memandang Hari Penyiaran Nasional sangat penting bagi pertumbuhan penyiaran di Indonesia.

Pihaknya akan memberikan dukungan penuh agar Hari Penyiaran Nasional dapat diadakan di Sumatera Barat.

Menurutnya Sumatera Barat memiliki potensi alam, sosial budaya dan ekonomi kerakyatan serta memiliki infrastruktur yang lengkap untuk mensukseskan Hari Penyiaran Nasional.

"Salah satu langkah Diskominfotik Sumbar dalam menjadikan Hari Penyiaran Nasional dapat diadakan di Sumbar yaitu akan sanggat mensupport KPID dengan dana hibah demi pengawasan penyiaran yang kuat," kata dia.

“Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi memandang penyiaran merupakan tonggak utama dalam menggali atau mengekspos pembangunan daerah yang baik serta menjadi wujud sinergi yang kuat dalam industri penyiaran,” kata dia.

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo sangat mengapresiasi KPID Sumbar, Diskominfotik dan Gubernur Sumbar dalam keterlibatan penyiaran yang sehat.

"Saya menilai Provinsi Sumatera Barat memang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap penyiaran, Sumbar juga memiliki potensi SDM yang memumpuni di dunia kreatif ini," kata dia.

Ia menyampaikan akan merekomendasikan Sumbar untuk dapat menjadi pertimbangan dalam kegiatan Hari Penyiaran Nasional dan menbuat surat penunjukan tuan rumah Hari Penyiaran Nasional lengkap dengan alokasi anggaran pendukung.

Sejauh ini sudah ada dua Provinsi yang mengajukan diri menjadi tuan rumah yaitu Kepulauan Riau.