Pemkot persiapkan Solok menuju kota sehat

id Pemerintah kota, persiapkan Solok, menuju kota sehat

Pemkot persiapkan Solok menuju kota sehat

Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra saat memberikan sambutan (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) mempersiapkan Solok, Sumatera Barat menuju kota sehat tingkat kecamatan dan desa dengan kondisi wilayah yang bersih, aman, dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Hiddayaturrahmi di Solok, Selasa mengatakan saat ini pemerintah Kota Solok tengah berupaya untuk mewujudkan kota itu sebagai kota sehat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Solok adalah membentuk Forum Kota Sehat (FKS) Kota Solok masa bhakti tahun 2022-2025.

Selain itu, Hiddayaturrahmi menyampaikan upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kota sehat ialah melakukan pembinaan forum komunikasi kecamatan sehat untuk dapat mengkoordinasikan, mengintegrasikan, menyinkronkan, dan mensimplikasikan prioritas.

"Serta melakukan perencanaan pembangunan ke kelurahan wilayah kecamatan dari berbagai aspek, sehingga mewujudkan kecamatan yang bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni oleh masyarakatnya,” kata dia.

Pembinaan forum ini dilakukan di beberapa tempat di wilayah Kota Solok yang mana masing-masing forum diikuti oleh 20 peserta dan didampingi oleh tim pembina yang sudah ditunjuk di masing-masing pokja kelurahan sehat.

"Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat ini dilakukan dari tanggal 26 sampai hari ini tanggal 30 Mei 2023," ujar dia.

Ia juga mengatakan implementasi program kota sehat dapat terlaksana dengan optimal mana kala semua OPD terkait yang diwadahi oleh tim pembina teknis kota sehat dan semua forum baik di tingkat kecamatan sampai tingkat kelurahan semuanya bersinergi, berperan aktif dan saling mendukung tercapainya program kota sehat.

Di samping itu, kota sehat merupakan suatu kondisi kabupaten atau kota yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota untuk mewujudkan daerah itu menjadi sehat.

Selain itu, Kabid P2PM Kota Solok itu juga mengatakan kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi wilayah yang bersih, aman dan sehat untuk dihuni penduduknya dengan mengoptimalkan potensi ekonomi masyarakat yang saling mendukung melalui koordinasi forum kecamatan dan difasilitasi oleh sektor terkait dan sinkron dengan perencanaan masing-masing desa.

Tatanan adalah sasaran kabupaten sehat sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di kabupaten.