Wako Pariaman minta seluruh desa terpasang CCTV

id Wako Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar

Wako Pariaman minta seluruh desa terpasang CCTV

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar (tiga kiri) membuka Rapat Koordinasi Pemaparan Indeks Desa Membangun (IDM) dan Program Smart City” di Pariaman, Senin (29/5) ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar meminta seluruh desa dan kelurahan di daerah itu terpasang CCTV yang terhubung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) serta kepolisian setempat guna meningkatkan keamanan di daerah itu.

“Saya ingin setiap desa dan kelurahan yang di Pariaman dipasang perangkat keamanan atau CCTV yang disambungkan ke Diskominfo dan Polresta Pariaman agar kita bisa memantau gerak gerik setiap orang dan kendaraan yang mencurigakan," kata dia Rapat Koordinasi Pemaparan Indeks Desa Membangun (IDM) dan Program Smart City” di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan jika seluruh desa terpasang CCTV maka Pariaman menjadi satu-satunya kota yang memantau seluruh desa dan kelurahan melalui CCTV dalam segi keamanan warga dan lalu lintas.

Dengan memiliki CCTV maka keamanan warga terjaga, tindak kriminal bisa diminimalisir, arus lalu lintas berjalan dengan baik, dan kenyamanan pemakai jalan raya bisa terpantau dengan baik.

Ia mengapresiasi Polres Pariaman yang selama ini telah membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban di daerah itu. Diharapkan dengan adanya CCTV dan partisipasi warga maka keamanan dan ketertiban di daerah itu semakin meningkat.

“Saya lihat selama lebih kurang dua tahun ini Polresta Pariaman bertindak sangat bagus sekali, dengan menurunkan personel langsung kelapangan di jam-jam sibuk sekolah untuk membantu ketertiban arus lalu lintas sehingga kecelakaan bisa dihindari," katanya.

Sementara itu, Kapolres Kota Pariaman Abdul Aziz mengatakan selama ini pihaknya sudah bekerjasama dan bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satunya dengan cara memantau keamanan melalui CCTV.

“Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pemasangan CCTV ini, diantaranya bisa memantau dan menindaklanjuti terjadinya kejahatan di tingkat desa dan kelurahan, dan dari rekaman CCTV bisa dijadikan alat bukti dalam investigasi kriminal (sehingga dapat mempermudah pengungkapan kasus," ujarnya.

Abdul berharap Pemkot Pariaman dapat menerapkan pembangunan kota pintar khususnya dalam segi keamanan warga melalui pemasangan CCTV dapat secepatnya terealisasi.