Bupati dorong Pokdarwis maksimalkan potensi Nagari

id Bupati Tanah Datar,Pokdarwis nagari,Berita tanah datar,Berita sumbar

Bupati dorong Pokdarwis maksimalkan potensi Nagari

Bupati Tanah Datar Eka Putra (Antara/Etri Saputra). 

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra mendorong Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di daerah itu untuk aktif dalam memaksimalkan potensi di nagari guna meningkatkan kunjungan wisata datang ke kabupaten itu.

"Pokdarwis harus terus berupaya mempromosikan potensi di nagari masing-masing, jangan pernah lelah dengan semangat memajukan nagari," kata Bupati Eka Putra di Batusangkar Minggu.

Dia mengatakan, Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Pariwisata akan terus berupaya untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah melalui program unggulan satu nagari satu event yang hampir dilaksanakan setiap pekannya.

"Alhamdulillah hingga April lalu sudah tercatat 7000 lebih pengunjung yang telah hadir di Kabupaten Tanah Datar," kata dia.

Bupati mengatakan selam 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menargetkan sebanyak 2 juta pengunjung untuk datang ke Tanah Datar.

Untuk itu diharapkan peran serta dan dukungan dari Pokdarwis di nagari dengan merangkul lembaga unsur yang ada di nagari, bahkan perantau.

"Lakukan dengan niat tulus dan ikhlas dengan tujuan memajukan dengan menggali potensi nagari, baik itu keindahan alam, kesenian, kuliner khas dan lainnya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Tanah Datar, mengatakan dalam rangka penguatan pengelolaan desa wisata dan memajukan destinasi wisata di nagari, Dinas Pariwisata juga telah memberikan pelatihan kepada Pokdarwis nagari.