Solok Selatan dorong UMKM miliki sertifikat halal

id Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi ,sertifikat halal umkm solswl,Berita solsel,Berita sumbar

Solok Selatan dorong UMKM miliki sertifikat halal

Wakil Bupati Solok Selatan Yulian Efi menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku UMKM saat pelatihan peningkatan kapasitas koperasi, usaha mikro dan kecil, di Padang Aro, Senin

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) miliki sertifikat halal dan merek karena menjadi faktor penting dalam pemasaran produk.

"Pelaku UMKM harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi agar tidak kalah dalam persaingan dan harus memiliki sertifikat halal serta merek guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dipasarkan," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, saat pelatihan peningkatan kapasitas koperasi, usaha mikro dan kecil di Padang Aro, Senin.

Selain sertifikat halal katanya, UMKM harus memiliki izin dan kalau belum ada agar segera diurus serta kemasan produk bisa ditingkatkan lagi supaya menarik.

Menurut dia, stakeholder dan pelaku UMKM harus sama-sama saling mendukung, mengevaluasi dan meningkatkan kualitas produk.

Pemerintah terus mendorong peningkatan kinerja UMKM, sebab sektor ini menjadi kontributor kedua terhadap laju pertumbuhan ekonomi di Solok Selatan.

Berdasarkan data BPS katanya, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok Selatan pada 2022 sebesar 4,02 persen atau meningkat dibanding 2021 sebesar 0,67 persen.

Untuk sektor perdagangan katanya, berkontribusi 20,09 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tersebut.

"Semenjak dua tahun terakhir berbagai upaya baik melalui kebijakan program dan kegiatan yang telah kami laksanakan terhadap para pelaku Koperasi, IKM dan UKM sudah menujukkan hasil yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Solok Selatan," katanya.

Pemerintah daerah katanya, pada 2023 terus berupaya dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi kerakyatan melalui UMKM ini.

Guna membantu pemasaran produk katanya, pemerintah memfasilitasi UMKM untuk bermitra dengan penjual besar di dalam maupun luar kabupaten dan memberikan kesempatan di even-even yang dilaksanakan pemerintah.

Pemkab juga menyediakan pengadaan Barang dan Jasa melalui E-Katalog Lokal yang mana saat ini sudah ada 25 Etalase bagi Pelaku UMKM.

Pada 2022 katanya jumlah UMKM yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) naik sebanyak 4.766 atau 46,37 persen dan hingga akhir 2022 jumlah UMKM Solok Selatan yang memiliki NIB menjadi 9.274.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan juga menyerahkan sertifikat Halal dan sertifikat merk untuk 15 UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM.