BKSAP DPR kunjungi parlemen suriah mempererat persahabatan

id Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon, Fadli Zon

BKSAP DPR kunjungi parlemen suriah mempererat persahabatan

Ketua BKSAP DPR Fadli Zon memimpin delegasi Indonesia bertemua parlemen suriah di Damaskus, 15-18 Mei 2023. (ANTARA/HO-Humas DPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI mengunjungi Parlemen Suriah untuk mempererat persahabatan kedua negara.

“Hubungan kita dengan Suriah sangat panjang dan mendalam. Suriah adalah negara kedua yang mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu pada Juli 1947,'" kata Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Fadli Zon memimpin kunjungan bersejarah ke Damaskus Suriah, 15-18 Mei 2023. Sejumlah agenda pertemuan strategis dihelat terutama dengan Parlemen Suriah (People’s Assembly). Delegasi BKSAP DPR terdiri atas Fadli Zon, Mardani Ali Sera, dan Hasani Bin Zuber.

Dia menjelaskan sebagai negara kala itu, Indonesia masih berjuang melalui diplomasi dan gerilya, sehingga pengakuan terhadap RI sangat berarti.

"Karena itu, kita berutang pada Suriah. Suriah sudah seperti saudara,” ujarnya.

Dia menegaskan parlemen sebagai perwakilan rakyat, bisa memfungsikan persahabatan kedua negara melalui relasi people to people.

"Kami ke Suriah untuk merevitalisasi hubungan yang meredup lantaran 12 tahun konflik. Sejak konflik tahun 2011, tak tercatat kunjungan resmi Indonesia ke Suriah. Kami ke sini dianggap langkah pembuka, berani dan bersahabat. Mereka sangat senang dan mengapresiasi kami,” jelasnya.

Selain itu, DPR dan Parlemen Suriah aktif berdialog di berbagai forum parlemen seperti di Inter Parliamentary Union (IPU) dan Parliamentary Union of OIC (PUIC).

Dalam kunjungan itu, telah disepakati untuk mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara. Dia mencontohkan potensi lebih dari satu juta jamaah umrah Indonesia bagi pariwisata religi Suriah.

"Banyak destinasi religi luar biasa di Suriah seperti Masjid Umayyah yang dipercaya tempat keempat paling suci bagi umat Islam dan makam para sahabat Nabi serta ulama besar,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Indonesia dan Suriah memiliki kesamaan pandangan terkait dukungan penuh bagi kemerdekaan Palestina, termasuk tuntutan kembalinya dataran tinggi Golan ke Suriah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BKSAP DPR kunjungi Parlemen Suriah untuk mempererat persahabatan