Dispar Pasaman Barat tekankan pokdarwis awasi pengunjung objek wisata

id Awasi pengunjung objek wisata

Dispar Pasaman Barat tekankan pokdarwis awasi pengunjung objek wisata

Dinas Pariwisata Pasaman Berat bersama Basarnas saat melatih pemuda yang tergabung pada kelompok sadar wisata tentang pengetahuan dasar penyelamatan di objek wisata. ANTARA/HO-Pemkab Pasaman Barat Sumbar.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menekankan anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang telah dilatih dapat mengawasi keamanan pengunjung dan memberikan pertolongan pertama jika ada kecelakaan.

"Kita telah melatih puluhan tenaga dari pemuda yang tergabung dalam kelompok sadar wisata bersama Basarnas beberapa waktu lalu bagaimana memberikan pengamanan dan penanganan jika terjadi kecelakaan seperti ada yang terbenam atau hanyut," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky H Sahputra di Simpang Empat, Sumbar, Minggu.

Menurutnya, anggota kelompok sadar wisata yang ada di nagari wisata seperti di Sasak, Sikabau dan Air Bangis telah dilatih dan mereka siap untuk menjaga pengunjung.

"Kami mengharapkan anggota kelompok sadar wisata dapat bekerja maksimal demi kenyamanan pengunjung," katanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mewajibkan ke panitia untuk memasang spanduk peringatan bahaya dan contact person jika ada pungutan liar.

"Pada 2022 lalu kita bersama Basarnas juga melatih pemuda lokal untuk pengetahuan dasar penyelamatan," ujarnya.

Pihaknya memberdayakan pemuda lokal dikarenakan merekalah yang mengetahui lokasi yang berbahaya di objek wisata itu sehingga bisa mengingatkan pengunjung.

"Pelampung juga sudah kita usahakan melalui BPBD atau Basarnas. Bahkan kita tambah dengan meminjamkan pelampung dari inventaris Persatuan Olah Raga Selam POSSI Pasaman Barat kepada panitia," sebutnya.

Meskipun ada tenaga kelompok sadar wisata, tentu pihaknya mengharapkan kerja sama yang baik dengan pengunjung terutama para orang tua untuk memperhatikan anak-anaknya bermain di pantai.

Untuk Lebaran 2023 ada tiga destinasi wisata yang mengadakan pekan seni budaya yakni di Pantai Sasak, Sikabau dan Pantai Air Bangis.