Safari Ramadhan Dharmasraya serap aspirasi masyarakat di Simalidu

id Safari Ramadhan Dharmasraya,Pemkab Dharmasraya,BERITA Dharmasraya,BERITA SUMBAR

Safari Ramadhan Dharmasraya serap aspirasi masyarakat di Simalidu

Sekda Adlisman (dua kiri) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada pengurus masjid di Nagari Simalidu, Kecamatan Koto Salak, Senin (3/4) malam. (Antara/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Tim II Safari Ramadhan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyerap aspirasi masyarakat di Nagari Simalidu, Senin (4/4) malam.

Safari Ramadhan yang diketuai Sekretaris Daerah (Sekda) Adlisman diawali dengan Sholat Isya dan Tarawih berjamaah di Masjid Nurul Ikhsan, Nagari Simalidu , Kecamatan Koto Saak, dan selanjutnya bersilaturahmi dengan masyarakat.

"Kami butuh perbaikan jalan, ada beberapa titik jalan di nagari yang berlobang, dan itu merupakan akses utama masyarakat," kata Wali Nagari Samalidu, Kecamatan Koto Salak, di Pulau Punjung, Senin malam.

Ia mengatakan masyarakat meminta agar pemerintah daerah hadir dalam pembangunan di nagari itu, terlebih lagi yang berkaitan dengan infrastruktur.

Selain itu, kata dia di Simalidu kondisi mayoritas masyarakatnya hidup bertani, sehingga meminta agar pemerintah daerah juga menambah ketersediaan pupuk bersubsidi.

Menanggapi hal itu, Ketua Tim II Safari Ramadhan Adlisman, mengatakan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendengar dan menjemput langsung aspirasi warga.

"Apa yang menjadi keluhan masyarakat akan menjadi catatan bagi kami untuk disampaikan kepada pak bupati," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Sekda Alisman juga menyampaikan beberapa inovasi pelayanan publik. Salah satu inovasinya yakni masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan sudah bisa di nagari sebagai bentuk komitmen pemda dalam mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Ia mengatakan dengan sudah bisanya mengurus dokumen kependudukan di nagari (desa adat) tentu masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil di Sungai Dareh. Namun tidak seluruh pelayanan dapat dilakukan di nagari.

Kemudian, lanjut dia Pemkab Dharmasraya juga menyediakan perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Dalam pelaksanaannya Dinas terkait juga melibatkan pemerintah nagari.

"Jadi kalau sekarang mau urus izin tidak perlu jauh-jauh lagi ke kantor satu pintu di Sikabau, izin apa saja, praktik bidan, perawat, dan lainnya. Terkhusus untuk masyarakat pelaku UMKM yang ingin mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) juga bisa dilakukan di nagari," katanya.

Melalui TIm XI Safari Ramadhan Pemkab Dharmasraya menyerahkan bantuan berupa tikar, sajadah, rekal al-quran, dan voucher bantuan masjid Rp10 juta, tambah dia.