Marseille kota start pawai obor Olimpiade Paris 2024

id Olimpiade paris,pawai obor,marseille

Marseille kota start pawai obor Olimpiade Paris 2024

Logo Olimpiade Paris 2024 (olympics.com)

Jakarta (ANTARA) - Pawai obor Olimpiade Paris akan diawali dari kota pelabuhan Marseille di bagian selatan pada April 2024, demikian kata penyelenggara pada Jumat.

Obor akan dibawa dari Yunani ke Marseille menggunakan kapal bertiang tiga.

Pawai tersebut akan mengawali gelaran pesta olahraga sedunia itu yang upacara pembukaannya akan digelar di Sungai Seine, Paris.

“Pada musim semi 2024, Marseille akan mendapatkan kehormatan dan keberuntungan sebagai kota pertama yang menyambut api Olimpiade di daratan Prancis,” demikian pernyataaan penyelenggara Paris 2024 seperti dikutip AFP.

“Belem, sebuah kapal bertiang tiga, akan membawa api tersebut melintasi Laut Mediterania dari Athena menuju Marseille, dua kota yang sangat didekatkan oleh sejarah yang sama.”

Koloni Massalia dari orang-orang Yunani mendirikan pemukiman di pesisir Mediterania Prancis pada tahun 600 sebelum Masehi. Pemukiman itu merupakan cikal bakal kota Marseille sekarang ini.

Ketua penyelenggara Tony Estanguet mengatakan Marseille merupakan “pilihan yang alami dan jelas” untuk menyambut kedatangan obor Olimpiade.

Marseille akan menjadi lokasi perlombaan layar Olimpiade nanti.

Olimpiade Paris akan berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.