Brighton singkirkan Liverpool dari Piala FA usai menang dramatis 2-1

id Liverpool,Brighton & Hove Albion,Piala FA

Brighton singkirkan Liverpool dari Piala FA usai menang dramatis 2-1

Logo Piala Fa. (LOGO FA/FA/adt/2015)

Jakarta, (ANTARA) - Liverpool tersingkir dari Piala FA musim 2022/23 setelah menelan kekalahan 1-2 oleh Brighton & Hove Albion Holders dalam pertandingan babak kelima di The American Express Community Stadium pada Minggu malam WIB.

Tim juara bertahan sempat unggul terlebih dahulu berkat gol Harvey Elliot sebelum Lewis Dunk menyamakan kedudukan untuk Brighton. Gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Kaoru Mitoma di masa injury time.

Liverpool hampir saja membuka keunggulan ketika laga baru berjalan empat menit, andai saja usaha Mohamad Salah tidak dihalau Lewis Dunk di garis gawang.

Brighton membalas lewat sebuah peluang pada menit ke-15. Umpan Solly March bisa disambar oleh Evan Ferguson dan menaklukkan kiper Alisson Becker. Sebelum bola melewati garis gawang, Trent Alexander-Arnold berhasil menyapunya.

Liverpool unggul terlebih dahulu pada menit ke-30. Mohamed Salah menusuk dari sisi kanan dan memberikan umpan ke tengah yang bisa dituntaskan oleh Harvey Elliot untuk memperdayai Jason Steele. Skor menjadi 1-0.

Keunggulan tersebut hanya bertahan selama sembilan setelah Brighton menyamakan kedudukan. Sebuah tendangan Tariq Lamptey dari luar kotak penalti membentur Lewis Dunk, yang mengubah arah bola dan mengecoh Alisson menjadi gol. Skor menjadi 1-1.

Tidak ada gol tambahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda istirahat, kedua tim masih saling serang di babak kedua.

Brighton mendapatkan peluang emas pada menit ke-71 setelah March menyambar umpan Kaoro Mitoma di depan gawang. Namun, Alisson kali ini tampil brilian saat menggagalkan percobaan itu.

Saat laga akan berakhir imbang, Brighton mencetak gol kemenangan di masa injury time atau menit ke-90+4.

Umpan silang Pervis Estupinan berhasil diterima Kaoru Mitoma di tiang jauh. Mitoma mengecoh Joe Gomez sebelum melepaskan tendangan yang menjebol gawang The Reds. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Brighton

Gol tersebut sekaligus mengakhiri pertandingan ini. Brighton memenangkan laga secara dramatis dan berhak melaju ke babak berikutnya.

Sementara, Liverpool harus tersingkir dan gagal memertahankan gelar Piala FA.

Susunan Pemain:

Brighton (4-2-3-1): Jason Steele; Tariq Lamptey, Lewis Dunk, Adam Webster (Joel Veltman 46'), Pervis Estupinan; Alexis Mac Allister, Pascal Gross; Solly March, Evan Ferguson (Deniz Undav 89'), Kaoru Mitoma; Danny Welbeck (Billy Gilmour 67').

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (James Milner 59'), Ibrahima Konate, Joe Gomez, Andrew Robertson; Thiago Alcantara (Curtis Jones 79'), Stefan Bajcetic (Fabinho 84'), Naby Keita (Jordan Henderson 59'); Mohamed Salah, Harvey Elliott (Darwin Nunez 59'), Cody Gakpo.