Padang siapkan even pariwisata berskala besar untuk momen libur Lebaran 2023

id Arfian,pariwisata padang, libur Lebaran 2023,berita padang,berita sumbar

Padang siapkan even pariwisata berskala besar untuk momen libur Lebaran 2023

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian. (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan even pariwisata berskala besar yang nantinya akan digelar pada momen libur Lebaran Idul Fitri pada April 2023.

"Pada momen libur Lebaran 2023 nanti ada event besar yang disiapkan bagi warga Padang maupun perantau, persiapannya dimulai dari sekarang," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Padang Arfian, di Padang, Senin.

Ia mengatakan pemerintah Kota Padang dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata serta kementerian terkait lainnya untuk mendapatkan dukungan sehingga event lebih semarak dan meriah.

Pemkot Padang memproyeksikan sejumlah rangkaian kegiatan pada event tersebut yang memiliki nuansa kebudayaan, kuliner, seni, ekonomi kreatif, dan lainnya.

Beberapa di antaranya adalah Festival Marandang yang merupakan kuliner khas Minangkabau yang telah mendunia, Festival Batang Arau, Padang Fashion Carnaval, Festival Bonsai, pekan Ekonomi Kreatif, dan lainnya.

Menurut Arfian serangkaian kegiatan tersebut akan digelar selama lima hari berturut-turut terhitung sejak H+1 Lebaran Idul Fitri pada April 2023.

Menariknya, seluruh rangkaian kegiatan tersebut akan terpusat di kawasan Kota Tua, Batang Arau, kota setempat.

"Jadi dalam pelaksanaan event ini kami juga berusaha mengenalkan Kawasan Kota Tua kepada pengunjung sebagai tempat ikonik yang ada di Padang," jelasnya.

Ia mengatakan persiapan sengaja dilakukan pihaknya dari jauh-jauh hari agar matang sehingga event berjalan sukses.

"Dengan persiapan yang matang diharapkan event yang kami gelar bisa meninggalkan kesan yang baik kepada pengunjung khususnya para perantau," jelasnya.

Sebab, lanjutnya, Lebaran selalu menjadi momen bagi para perantau dari Minangkabau terutama Kota Padang untuk pulang ke kampung halaman.

Pemerintah berharap event tersebut bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya ke Kota Padang sehingga turut meningkatkan perekonomian masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2023